Searching...
Wednesday, July 17, 2013

Roro Kuning Ikon Daerah Wisata di Kabupaten Nganjuk yang banyak orang g tau

11:31 AM
Kabupaten Nganjuk memiliki potensi pariwisata alam yang cukup menarik dan patut dikunjungi oleh wisatawan, seperti contohnya yang terkenal yaitu daerah wisata Air Terjun Sedudo dan Roro Kuning. Kedua daerah pariwisata tersebut terletak di Gunung Wilis. Nah, disini saya akan lebih memfokuskan membahas daerah wisata Roro Kuning.
Letak daerah wisata Roro Kuning sekitar 20 Km atau 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Nganjuk. Letaknya yang berada di sekitar lereng Gunung Wilis membuat suasana perjalanan jadi begitu mengasyikkan karena kita akan disuguhi secara langsung pemandangan rumah-rumah, sawah-sawah, hutan, dan tidak lupa perubahan suhu yang lama-lama menjadi dingin.

Sebelumnya daerah Roro Kuning yang terletak di Desa Bajulan � Kecamatan Loceret ini tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan begitu saja. Saya sendiri yang pernah berkemah semasa SMA karena ada program dari salah satu ekstrakuler di sekolah sekitar tahun 2002-an. Teringat suasana yang asri, hutan yang hijau lebat, dengan ditemani air terjun dan sungai kecil yang airnya cukup dingin dan jernih.

Sekarang daerah wisata Roro Kuning ini telah berubah drastis karena telah dikelola dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Nganjuk dan bahkan sekarang menjadi salah satu ikon kota ini. Saya sendiri sampai-sampai merasa agak asing setelah berada di lokasi. Kalau dulu sebelum dikelola pemerintah kita hanya bisa menikmati lebatnya hutan dan air terjun beserta aliran sungai kecilnya. namun sekarang lokasi wisata ini telah dibangun area parkir yang cukup luas, fasilitas outbond, kios-kios warung, patung seorang putri, kolam renang, area hiburan, aula singgah yang cukup besar, dan ada ruang terbuka yang terdapat banyak hewan kijang. Tentu saja dengan dibukanya lokasi wisata ini menambah pendapatan daerah dan juga membantu membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Apalagi setiap akhir pekan Roro Kuning cukup ramai dikunjungi wisatawan-wisatawan lokal. Terkadang disini juga disuguhi hiburan musik oleh artis-artis lokal, sehingga menambah semaraknya daerah wisata ini.[imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag]

0 comments: