Searching...
Friday, April 18, 2014

2048, Game "Nyandu" yang Ternyata Meniru

9:25 PM
KOMPAS.com-Game puzzle 2048 kini sedang digemari para pemilik perangkat mobile iOS dan Android.Gameini mendadak laris lantaran gratis,padahal "2048" disebut telah meniru ide dari game berjudul"Threes".Game 2048 dibuat oleh Gabriele Cirulli asal Italia. Di usia belia 19 tahun, ia mampu membuat 2048 hanya dalam waktu sekitar sepekan. 2048 kemudian meluncur diplatform iOSdan Android pada Maret 2014 di bawah nama Ketchapp.Cara bermainnya sederhana, namun membuat penasaran dan berpotensi jadi candu. Pemain diharuskan menggeser kotak-kotak (4x4) untuk mencocokan angka yang sama sebagai upaya mendapatkan skor tertinggi sebelum kotak-kotak itu terisi penuh.2048 bisa dengan cepat meraih sukses.Gameini mendapat banyak unduhan dan ulasan dari penggunanya. Media massaLA Times menulis tentang kesuksesan Cirulli dan 2048.Akan tetapi, pemberitaan 2048oleh LA Times diprotes oleh para pengembangan independen melalui media sosial Twitter. Mengapa? Mereka mengatakan ide pembuatan 2048 tidak orisinil,game itu disebut menirugame1024, yang itu sendiri meniru game berjudul Threes. Para pengembanggamejuga menyebut 2048 telah membuat para pemain Threes pergi.Meniru game Threes?Threes dirilis pada Januari 2014, atau sekitar dua bulan sebelum kehadiran 2048. Threes dibuat oleh Asher Vollmer dan dijual seharga 2 dollar AS atau sekitar Rp 23.000 per unduhan.Selama sebulan Threes berhasil masuk dalam top 20 aplikasi berbayar di iTunes kawasan Amerika Serikat. Ada lebih dari 580.000 pemain di Game Center dari perangkat iOS.Namun, dengan cepat Threes ditinggalkan oleh para pemainnya, meskipun tidak jelas bagaimana 2048 memanfaatkan momentum dan mendapatkan banyak unduhan. Situs game Kotaku memprediksi, 2048 lebih menarik banyak perhatian karena game tersebut bisa diunduh gratis, sementara Threes berbayar.Dalam sebuah publikasi di blog, Vallmer menulis kekecewaannya terhadap 2048 dan nampaknya ia cukup frustasi. "Ini perasaan yang berat seperti satu kesalahan (tidak membuat game gratis) menyebabkan kita kehilangan kesempatan untuk menjadi bagian dari budaya global," tulis Vollmer.Dalam sebuahe-mailkepada situsKotaku,pencipta 2048, Gabriele Cirulli, mengatakan dia bersimpati kepada Vollmer."Saya rasa saya mengerti apa yang mereka rasakan, dan aku minta maaf bahwa popularitas 2048 merugikangamemereka," ujar Cirulli. "Saya tidak punya kontak dengan mereka, tapi saya tidak punya niat untuk merusak pekerjaan mereka. Popularitas 2048 adalah benar-benar tak terduga. Saya sangat menghormati semua usaha mereka dan saya mengerti bagaimana rasanya kerja keras untuk membuat produk yang bagus."Namun, Cirulli mengaku tidak familiar dengangame1024 atau Threes sampai ia merilis game2048 di Android dan iOS.Cirulli mengatakan 2048 buatannya adalah tiruan dari game lain yang juga berjudul 2048.Di toko aplikasi Android, Google Play Store, ada lebih dari 10gamedengan judul 2048 yang semua itu adalah game tiruan yang telah ditiru dan ditiru lagi dengan judul sama. Sementara di Apple AppStore, hanya ada satugameberjudul 2048 buatan Cirulli.Kekecewaan pencipta gameThrees, Vollmer, sangat bisa dimaklumi. Ia kehilangan potensi penjualan game karena banyak beredar game tiruan yang dijual gratis.Sementara itu, Cirulli nampaknya akan mendapatkan uang dari 2048 karena ia menyediakan lapak iklan di bagian bawah. Ia juga membuat 2048 di versisitus web secara gratis. Di sana ia mengkreditkan nama pengembanggame1024 dan Threes serta membuka donasi dengan pembayaran paypai dan Bitcoin."Dibuat oleh Gabriele Cirulli. Berdasarkan game1024 oleh Veewo Studio dan secara konseptual mirip dengan gameThrees oleh Asher Vollmer," demikian kredit yang ditulis padagame2048 versi web. Kemungkinan besar keuntungan yang diraih Cirulli dari 2048 akan dibaginya bersama pengembang 1024 dan Threes.Cirulli menjelaskan motivasinya membuat 2048 adalah sebuah latihan untuk meningkatkan keterampilan pemrograman, serta membangun sesuatu yang bisa dimainkan."Memang benar bahwa 2048 terkait dengan konsep di balik Threes, tapi aku tidak benar-benar memilih untuk menjadi populer," kata Cirulli. "Orang-orang hanya menemukan dan menyukainya, mungkin hanya kebetulan. Saya telah kreditkan Threes pada 2048, jadi mudah-mudahan dengan adanya catatan akan memperkenalkan pengguna baru kepada Threes."
http://tekno.kompas.com/read/2014/04...mp aign=Ktkwp

0 comments: