Searching...
Monday, April 21, 2014

5 Tipe Pedagang di indonesia

5:25 AM


Di kehidupan ini kita gak bisa lepas dari yang namanya pedagang. Dan pedagang juga gak bisa lepas dari pedagang. Pedagang adalah orang yang menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan kita supaya dapat memenuhi kebutuhannya. Makannya, karena begitu pentingnya pedagang di kehidupan kita, kali ini MBDC mau kasih tau kamu tipe-tipe pedagang, supaya kamu bisa lebih mengenal para pedagang, dan waspada sama pedagang disekitar kamu, karena gak semua pedagang itu baik.

1. Pedagang yang Baik

MBDC akan kasih tau kamu dari tipe yang baik-baik dulu. Pedagang yang satu ini ramah kalo jualan niat, tapi gak maksa. Kalo ada orang dateng ke tempat jualan dia tapi terus gak cocok dan gak jadi beli, dia biasa aja dan tetep baik-baik aja. Pedagang ini punya prinsip, kalo sekarang mungkin belom jodoh jadi gak beli, siapa tau nanti jodoh, terus beli. Makannya mereka gak jutek sama orang yang gak jadi beli. Terus kalo udah langganan jadi friendly gitu. Suka ngasih bonus, suka ngasih diskon. Apalagi kalo kamu udah keliatan duitnya pas-pasan dan lagi butuh barang itu. Jadi makin keliatan baiknya deh. Jadi bertanya-tanya masih jomblo apa nggak.

2. Pedagang yang Maksa

Pokoknya kecap saya nomer satu. Pedagang yang satu ini ngotot menjual barangnya, sampe-sampe orang jadi sungkan dan gak bisa berkata-kata buat nolak dagangannya. Sekalinya ditolak marah-marah. Cemberut. Bikin kita jadi gak enak hati gitu deh. Ada juga yang maksa buat beli lebih. Misalnya beli snack-snack kayak risol gitu, harganya 5000, tapi karena uang kamu 10.000 kamu dipaksa buat beli 2. Sambil pedagangnya menye-menye didepan kamu. Karena kamu males nolak dia dan takut dia tambah menye-menye akhirnya kamu iyain dengan gak ikhlasnya.

3. Pedagang yang Gak Niat


Kamu sudah berlari-lari dengan penuh semangat untuk memburu barang yang kamu incar itu. Tapi ketika kamu tiba di toko, pedagangnya gak niat gitu. Sambil duduk leha-leha, dia nyautin kamu bisik-bisik. Udah diem, ga senyum, mukanya jutek pula. Kayak abis minum minyak angin. Mungkin emaknya kebanyakan makan micin kali waktu hamil dia.

4. Pedagang yang Bawel

Orangnya baik sih. Ramah dan pinter jualannya. Tapi waktu promosi gak bisa berhenti. Kamu baru tanya dikit tentang produknya, dia udah jelasin panjang lebar dan gak jelas, soalnya dia cepet banget ngomongnya. Rasanya kamu pengen beliin kanvas rem biar dia bisa diem sebentar.

5. Pedagang yang Gak Tau Barang Jualannya


Barang yang dijual mungkin menarik buat kamu, tapi sayangnya, si pedagang gak mengenal barang dagangannya. Ini yang buat kamu males buat balik lagi ke tempat itu. Misalnya kamu alergi udang dan kamu beli makanan, kamu tanya makanan itu ada udangnya apa engga. Karena si pedagang gak tau. Akhirnya kamu beli makanan itu dan ternyata ada udangnya. Gara-gara pedagang itu gak tau barang jualannya, kamu jadi sakit deh.

Apalagi kira-kira tipe-tipe pedagang lainnya? Ada yang mau nambahin?

0 comments: