Searching...
Monday, April 21, 2014

Biografi Ronaldo de Assis Moreira a.k.a Ronaldinho

12:15 PM

Ronaldo de Assis Moreira, lahir pada tanggal 21 Maret 1980 di kota Porto Alegre atau lebih banyak dikenal orang dengan nama "Ronaldinho" atau "Ronaldinho Gaucho" sebagai seorang pesepakbola profesional. Terlahir dari keluarga yang kurang mampu dan ekonomi berkecukupan Ronaldinho mempunyai impian yang sangat tinggi untuk anak yang berada di kalangan tingkat ekonomi menengah ke bawah yaitu bermain bola di Liga Eropa. Dona (Ibu dari Ronaldinho) adalah mantan sales yang belajar menjadi suster dan ayah Ronaldinho, Joao de Assis Moreira adalah seorang kru kapal (ABK) dan seorang pesepakbola untuk klub lokal Esporte Clube Cruzeiro. Dia meninggal akibat serangan jantung di kolam renang keluarga ketika Ronaldinho baru berumur 8 tahun. Setelah kakak laki-laki Ronaldinho yang bernama Roberto menandatangani kontrak dengan klub bola Gremio, keluarga mereka pindah rumah ke pesisir Guaruja, Tetapi karir Roberto tidak begitu panjang disebabkan oleh cedera. Sekarang Roberto menjadi manager dari Ronaldinho dan adik perempuan Ronaldinho (Deisi) bekerja sebagai koordinator wartawan.

Kemampuan sepakbola Ronaldinho mulai terlihat bersinar dari umur 8 tahun. Dia mendapat nama panggilan Ronaldinho dikarenakan dia adalah pemain termuda dan terkecil di pertandingan sepakbola remaja. Dia memperlihatkan pesonanya di pertandingan futsal dan sepak bola pantai, yang kemudian beralih ke sepakbola profesional. Penampilan fenomenal yang menarik perhatian media pertama kali adalah ketika dia berumur 13 tahun, dimana dia mencetak 23 gol untuk kemenangan 23 - 0 melawan tim lokal dimana dia mencetak semua gol kemenangan tersebut. Ronaldinho langsung dinobatkan menjadi bintang muda pada tahun 1997 di U-17 World Championship di Mesir, dimana ia mencetak 2 gol dari tendangan Pinalti.

Gremio

Ronaldinho memulai karir dari klub muda Gremio. Dia memulai debut seniornya pada tahun 1998 di Copa Libertadores. Pada tahun 2001, Arsenal tertarik untuk menggaetnya, tetapi transfer itu gagal dikarenakan ia belum memiliki izin kerja disebabkan ia pemain non Uni Eropa yang belum memiliki jam terbang yang cukup untuk pertandingan Internasional. Dia sempat berkeinginan dipinjamkan di liga Scotland untuk klub St. Mirren, tetapi niat ini tidak terelaisasi akibat banyaknya skandal passport palsu di Brazil. Dua tahun kemudian setelah ia memulai debut karir di tim senior Gremio, dia menjadi pemain terbaik di Turnamen Rio Grande do Sul dengan mencetak 15 gol dari 14 pertandingan. Total gol yang ia ciptakan bersama Gremio adalah 21 gol dari 52 penampilan (1998 - 2001)

PSG

Pada tahun 2001 Ronaldinho meneken kontrak 5 tahun untuk klub Perancis, Paris Saint German dengan nilai transfer 5 juta Euro dengan nomor punggung 21 dan tetapi dia tidak langsung menjadi pilihan skuad utama. Penampilan pertama dia di PSG adalah pada 4 Agustus 2001 masuk dari bangku cadangan melawan Auxerre yang berkahir seri 1-1. Dia mencetak gol pertama dia pada tanggal 13 Oktober melawan Lyon melalui tendangan pinalti dengan skor akhir imbang 1-1. Penampilan dia di PSG tidak begitu menawan karena sepakbola Brazil berbeda dengan gaya bermain liga Perancis. Akan tetapi dia masih memiliki rekor yang cukup bagus walaupun tidak menjadi pemain utama yaitu 17 gol dari 52 penampilan (2001 -2003). Walaupun penampilannya cukup apik, pada tahun 2003 PSG hanya menempati posisi 11 di Liga dan oleh sebab itu Ronaldinho memberi pertanyaan dia ingin meninggalkan PSG karena klub ini gagal mengikuti kompetisi Liga Eropa.

Barcelona

Pada Awalnya Presiden Barcelona, Joan Laporta menjanjikan mendatangkan David Beckham ke klub mereka, akan tetapi transfer ini gagal dikarenakan Real Madrid telah mendapatkan tanda tangan Beckham terlebih dahulu. Sehingga Barcelona merubah haluan dan mengincar Ronaldinho. Mereka mendapatkan tanda tangan sang maestro dengan nilai transfer 30juta Euro mengalahkan tawaran Manchester United.

Di Barcelona, Ronaldinho menemukan permainan terbaiknya karena permainan Liga Spanyol sangat cocok dengan gaya bermain yang ia miliki. Dia mencetak 70 gol dari 145 permainan (2003 - 2008). Di musim 2005 -2006 ia memperoleh Penghargaan Pemain Terbaik Dunia di tahun 2004 & 2005. Memenangkan Piala La Liga & Liga Champions dan terpilih sebagai salah satu pemain terbaik Liga Eropa di tahun tersebut dan memperoleh Penghargaan Pemain terbaik klub EUFA. Musim 2007 - 2008 bukanlah momen terbaik Ronaldinho. Setelah Pep Guardiola menjabat sebagai Manager, Ronaldinho tidak lagi menjadi pilihan utama dikarenakan penampilannya yang mulai menurun. Ketidak disiplinan dan cedera membuat manajemen klub meragukan ia dan membuat ia meninggalkan Barcelona. Ac Milan & Manchester City berlomba menarik tanda tangan ia ketika Ronaldinho menyatakan bahwa dirinya tidak tahan lagi di bangku cadangankan terus menerus dan akhirnya memilih masuk ke dalam Bursa Transfer.

AC MILAN


Pada Juli 2008, Ronaldinho menolak tawaran kontrak dari Manchester City yang bernilai 25.5juta Pounds dan memilih bergabung dengan klub raksasa Seri A dengan durasi kontrak 3 tahun dengan nilai kontrak 5.1juta Pounds setahun (senilai 6.5juta Euro) dan bonus 1.05juta Euro tiap musimnya dengan total nilai kontrak 22.05juta Euro. Di sini dia menggunakan nomor punggung 80 dikarenakan nomor 10 sudah dipakai oleh Clarence Seedorf. Ronaldinho mencetak gol pertama di Milan ketika melawan rival sekota mereka Internazionale pada 28 September 2008. Total gol yang ia koleksi bersama Milan adalah 20 Gol dalam 76 Penampilan (2008-2010).

Flamengo

Pada tahun 2011 tepatnya 11 Januari 2011 Ronaldinho pindah kembali ke klub bola Brazil yaitu Flamnego dikarenakan ia rindu akan kampung halamannya di Brazil. Pada masa itu banyak isu yang menyatakan bahwa pemain terbaik dunia itu akan pindah ke LA Galaxy, Corinthians, Palmeiras dan Blackburn ROvers. Tapi pada akhirnya ia memilih Flamengo. Karir ia di sini lumayan baik. 15 gol dalam 33 penampilan. Pada tanggal 31 Mei 2012 setelah beberapa kali mangkir ia menuntut Flamengo dikarenakan penunggakan gaji yang dilakukan oleh klubnya selama 4 bulan belum dibayarkan dan dia membatalkan kontrak dengan klub tersebut.

Atletico Mineiro

Ronaldinho membuat kaget publik karena pindah k Atletico Mineiro pada tanggal 4 Juni 2012 dengan durasi kontrak 6 bulan setelah hanya berlalu 4 hari sejak ia meninggalkan Flamengo. Dia mengenakan nomor punggung 49 sebagai jasa kepada tahun kelahiran ibunya daripada nomor 10 yang ia biasa gunakan. Ia masih aktif bermain sampai dengan saat ini dan telah mencetak 16 gol dari total 45 penampilan.

Semoga ia akan terus berjaya... .

Buat Fans Ronaldinho Silahkan Comment dan boleh juga kalo dibagi ijo-ijonya gan...

0 comments: