Searching...
Saturday, April 19, 2014

Ditemukan planet mirip Bumi di Bimasakti

7:14 PM


Ditemukan planet mirip Bumi di Bimasakti


Para astronom menemukan planet mirip Bumi di galaksi kita, Bimasakti, yang mungkin memiliki air dan mendukung kehidupan.
Ini adalah untuk pertama kalinya para ilmuwan menemukan planet yang nyaris seukuran Bumi yang terletak di kawasan yang biasa disebut 'Goldilocks Zone' yang memiliki temperatur tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Planet yang diberi nama Kepler-186f ini berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi dan mengorbit bintang kerdil berwarna merah di konstelasi Cygnus di sudut yang sama dengan Sistem Tata Surya kita di galaksi Bimasakti.

"Yang membuat temuan ini sangat menarik adalah planet seukuran Bumi ini berada di kawasan yang memungkinkan air untuk terbentuk," kata Elisa Quintana, peneliti di Institut SETI dan Pusat Penelitian NASA Ames.

Jarak planet ini dengan mataharinya ideal, yang membuat danau, sungai, atau laut di permukaannya tidak akan membeku atau langsung menguap.

Karena air sangat penting untuk mendukung kehidupan di Bumi, banyak ilmuwan meyakini upaya mencari kehidpan di luar Bumi harus dipusatkan ke planet-planet yang mengandung air.

0 comments: