Searching...
Wednesday, April 9, 2014

Kenapa Ada Salju di Jakarta dan Apa Maksud Ending "The Raid 2"?

8:13 AM


SEBUAH film yang keren tak selesai saat gambar terakhir diputar. Film yang dibincangkan terus penontonnya hingga keluar gedung bioskop adalah film yang berhasil, menurut saya.

Nah, film macam begitu tengah diputar di bioskop: The Raid 2: Berandal. Usai nonton The Raid 2 banyak yang bisa dibincangkan bareng teman usai nonton. Misal, Anda dan teman nonton akan berdebat panjang kenapa bisa ada salju turun di Jakarta?

Buat soal yang itu, memantau akun Twitter resmi @THERAIDMOVIE, sampai diunggah jawaban yang dkatakan datang dari sutradaranya Gareth Evans. Soal salju di Jakarta dikatakan, "Ini hanyalah Jakarta dalam khayalan Gareth Evans, yang suka disebut Merantau Universe, jadi bukan Jakarta yang sebenarnya."

Ditambahkan pula, "Untuk kepentingan sinematografi dan artistik, Gareth Evans menyukai gambaran darah merah yang mengalir di salju putih sehingga adegannya terasa lebih dramatis."

Saya sih tak mempersoalkan ada salju turun di Jakarta. Saya memahami kreativitas dan hak prerogatif sineas berkreasi menciptakan dunia yang diangankannya, yang sah-sah saja berbeda dengan dunia nyata yang kita tinggali.

Yang lebih membuat saya mengernyitkan dahi justru keputusan Evans utuk me-mute dialog menjelang ujung film. Yang sudah menonton pasti tahu adegan yang saya maksud, yakni ketika jagoan kita Rama (Iko Uwais) tuntas menghabisi anak buah Bejo (Alex Abbad), Uco (Arifin Putra) maupun Bejo sendiri (Bejo dibunuh uco, by the way). Ketika Rama turun ke bawah gedung, segerombolan gangster dari keluarga Jepang yang siap menyerang komplotan Bejo bertemu dengannya. Keiichi (Ryuhei Matsuda), putra Goto (Kenichi Endo) membawa pasukannya.

Mendadak gambar memerlihatkan Keiichi bicara tapi kita tak mendengar suaranya, maupun subtitle bila ia bicara Inggris atau Jepang. Namun kemudian kita mendengar Rama menjawab, "Cukup".

Nah, sebetulnya apa sih yang dikatakan Keiichi pada Rama?

Saya bertanya pada beberapa kawan yang sudah nonton The Raid 2. Kebanyakan jawaban terbagi atas dua kemungkinan. Pertama, Keiichi bilang apa Rama masih ingin berduel melawan mereka usai membasmi komplotan Bejo. Kemungkinan kedua, Keiichi mengajak Rama bergabung dengan pihaknya.

Rasanya, dengan jawaban "cukup" dari mulut Rama, kemungkinan pertama lebih masuk akal. Namun, saya juga dengar Evans menulis skenarionya dalam bahasa Inggris. Jika Rama diajak bergabung ke pihak Jepang dan menolak dengan berucap "cukup" juga masih masuk akal. Apalagi pihak Goto belum tahu kalau Rama aslinya adalah polisi.

Yang jelas, saya menduga, adegan itu akan menjadi titik tolak bagi The Raid 3. Evans sudah mengumumkan di akun Twitter-nya, @ghuwevans, "The Raid 3 akan dimulai dua jam sebelum The Raid 2 berakhir." Anda tahu, sedang The Raid 2 juga dimulai hanya berjarak dua jam setelah film pertamanya, The Raid berakhir.

Saya mengira, Evans sengaja menyembunyikan dialog itu agar kita tak punya bayangan lebih konkret jalan cerita The Raid 3. Maka, saya pikir, untuk saat ini jawaban paling benar adalah dari sebuah meme yang dibuat entah siapa di Twitter.

Keiichi: Udah 2,5 jam nih... masih mau diterusin?

Rama: Cukup.


http://www.tabloidbintang.com/articl...ing-the-raid-2

0 comments: