Searching...
Wednesday, April 16, 2014

Laga Pembuka Divisi Utama di Manahan Diwarnai Kericuhan

5:03 PM


Bola.net - Pertandingan pembuka kompetisi sepakbola Liga Divisi Utama 2014, antara Persis Solo melawan PPSM Magelang, diwarnai kericuhan. Beruntung kericuhan yang berlangsung sekitar 10 menit pada akhir laga tersebut tak melebar menjadi kerusuhan yang lebih besar.

Seperti dilansir merdeka.com, kericuhan berawal di tribun B7, di sisi timur Stadion Manahan. Tak diketahui apa penyebabnya, ribuan suporter Pasoepati yang sejak awal pertandingan sangat atraktif dengan gerakan-gerakan, nyanyian serta koreografi, tiba-tiba ricuh. Baku hantam terjadi antar suporter Pasoepati, hingga melebar di tribun sayap utara. Beruntung aparat keamanan dan pengamanan intern Pasoepati berhasil melerai.

Kericuhan juga dipicu oleh kepemimpinan wasit Agus Fauzan asal Sleman, Yogyakara. Keputusan-keputusannya dinilai banyak merugikan tim Persis Solo. Beberapa pelanggaran di kotak dua belas pas lawan yang seharusnya berbuah penalti, namun tak ada tiupan peluit. Selain itu, sikap beberapa pemain PPSM yang sering tergeletak di lapangan dianggap sebagai sikap yang tidak fair dan mengulur-ulur waktu.

Kondisi tersebut semakin memicu kemarahan penonton tuan rumah, yang berjumlah belasan ribu. Akibatnya saat pertandingan usai, wasit dan kedua asistennya menjadi sasaran pelemparan penonton dari tribun VIP. Beruntung aparat keamanan sigap melindungi pengadil lapangan tersebut, hingga masuk ke ruang ganti pakaian dalam stadion. Hingga pertandingan berakhir, suasana bisa diredam, sementara belasan ribu pendukung Persis Solo meninggalkan stadion dengan tertib.

Sementara itu dalam pertandingan tersebut kedua kesebelasan bermain menarik. Namun tuan rumah Persis Solo gagal memenuhi ambisinya untuk memenangkan laga. Kedua kesebelasan harus rela berbagi angka 2-2. Gol Persis Solo dicetak pada awal babak pertama atau menit 18 melalui sepakan Andrid Wibawa. Gol kedua dilesakkan oleh penyerang Ferry Anto melalui titik putih. Sementara gol balasan tim tamu diciptakan oleh Jefri Kurniawan pada menit ke 19, serta Ardiansyah pada menit ke 61. (ars/dzi)

BOLA.NET





Bola.net - Kericuhan melanda laga pembukaan kompetisi Divisi Utama musim ini, antara Persis Solo lawan PPSM Magelang, di Stadion Manahan, Solo, Selasa (15/4) malam.

Kedua tim sendiri hanya mampu bermain imbang 2-2. Dua gol Persis Solo diperoleh melalui Andrid Wibawa pada menit ke-17 dan Feriyanto pada menit ke-50. Sementara gol tim tamu, dicetak Jefri Kurniawan pada menit ke-18 dan Mohammad Ardiansah menit ke-68.

"Kami menyayangkan adanya kericuhan. Apalagi, pertandingan berjalan lancar. Bahkan, pemain kami menjadi korbannya. Kejadian ini bakal dilaporkan kepada Komisi Disiplin PSSI untuk ditangani lebih lanjut," ungkap Pelatih PPSM, M Hasan.

Kericuhan berawal pada menit ke-85 karena sesama Pasoepati yang berada di tribun timur saling ejek. Kemudian, berlanjut dengan adu pukul, saling melempar batu, botol serta kayu. Akibatnya, beberapa suporter mengalami luka di bagian kepala.

Kericuhan seolah terjadi silih berganti, termasuk ke tribun barat. Para suporter melempari wasit dan para pemain PPSM Magelang dengan air mineral. Bahkan, pemain PPSM, Gilang Didik, mengalami luka robek di bagian jidat dan di bagian bawah mata.

Tak ayal, para pemain PPSM mendapatkan pengawalan ekstra dari petugas keamanan untuk keluar dari Stadion Manahan. Hal tersebut mereda setelah pihak Kepolisian dan TNI bekerja keras melakukan pengamanan. (esa/pra)

BOLA.NET

0 comments: