Searching...
Tuesday, April 22, 2014

Notebook Gigabyte U21MD - Perangkat 3-in-1 yang dilengkapi Kapasitas Penyimpanan Besa

9:55 AM


Perangkat notebook multifungsi saat ini seolah menjadi tren tersendiri. Para vendor tampak melihat peluang banyak pengguna yang menginginkan sebuah notebook yang juga bisa dijadikan tablet. Gigabyte pun akhirnya mengikuti tren ini. Vendor yang akhir-akhir ini cukup gencar mengeluarkan perangkat laptop akhirnya memproduksi sebuah notebook yang juga bisa untuk kepentingan tablet. Notebook Gigabyte tersebut adalah Gigabyte U21MD. Bagaimana spesifikasi perangkat yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini.



Desain dan Konsep

Notebook Gigabyte ini datang dengan warna Silver. Sentuhan warna perak tersebut membalut bahan yang diusungnya yang memberikan kesan kokoh. Meskipun tampak kokoh, hal tersebut tidak membuat perangkat Gigabyte U21MD terlihat kaku. Malah terlihat lebih fleksibel berkat konsep multifungsi yang diusungnya. Pengguna pun dimudahkan dengan perubahan fungsinya. Cukup dengan memutar dan melipatnya membuat perangkat ini mudah sekali diganti.

Selain itu, perangkat ini pun ternyata memiliki satu fungsi lagi yakni sebagai Desktop. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan Docking Station pada perangkat ini. Dengan Docking Station tersebut pada akhirnya membuat perangkat ini pantas dijuluki perangkat notebook multifungsi 3-in-1.



Layar

Notebook Gigabyte U21MD ini datang dengan dimensi layar yang luas untuk sebuah tablet namun cukup standar untuk sebuah notebook. Dimensi layar yang diusung adalah 11. 6 inch dengan ukuran 298 x 226.4 x 20 mm.

gigabite

Tampaknya Gigabyte tidak ingin mengambil dimensi yang terlalu luas demi kenyamanan penggunaan tabletnya. Layarnya memiliki resolusi 1366 x 768 dengan dukungan multisentuh yang kapasitif. Konsep desain layarnya sangat cocok untuk kalangan pebisnis yang sering melakukan presentasi karena sentuhan layarnya cukup responsif.



Performa

Performa apa yang dibawa oleh notebook Gigabyte U21MD? Ternyata performa notebook multifungsi ini tergolong luar biasa. Jeroannya dilengkapi Intel Core i5-4200U. Prosesor ini merupakan jenis prosesor Intel generasi keempat yang cukup bertenaga dan hemat daya. Berbagai program apapun akan cukup baik dijalankan.

Apalagi dukungan grafis terintegrasi di dalamnya membuat perangkat ini tampil baik dalam mengeksekusi program yang berkaitan dengan grafis serta beberapa games menengah. Bagi pengguna yang tidak membutuhkan performa yang terlalu kencang, Gigabyte juga menyediakan pilihan penggunaan prosesor Pentium 3558U. Untuk kebutuhan produktivitas kerja, prosesor tersebut sudah cukup mumpuni.



Kapasitas Penyimpanan

Perangkat multifungsi ini datang dengan media penyimpanan yang cukup baik. Media penyimpanan yang diusung oleh notebook Gigabyte U21MD ini adalah media penyimpanan jenis SSD dengan kapasitas 256 GB. Selain itu, pengguna juga akan diberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar yakni media penyimpanan HDD berkapasitas 1 TB. Dengan dua jenis penyimpanan ini, tentunya pengguna bisa menyimpan lebih banyak data baik gambar berkualitas tinggi maupun video resolusi Full HD.



Fitur Audio

Salah satu kelebihan dari notebook Gigabyte U21MD ini ada pada fitur audionya. Pengguna akan merasa nyaman dengan suara yang dihasilkan dari perangkat ini. Hal ini karena perangkat ini telah dilengkapi dengan fitur Dolby Home Theater Sound Quality Optimization Technology. Dengan fitur ini, suara yang dihasilkan akan terdengar jernih dan nyaman untuk telinga.



Konektivitas

Notebook Gigabyte U21MD ini memiliki konektivitas yang tergolong lengkap. Sebut saja konektivitas USB 3.0 dan USB 2.0, masing-masing 2 port. Ada pula port D-sub, HDMI, RJ45, Mic-in, Earphone-out, dan juga SD card reader. Konektivitas pun semakin lengkap dan komplit berkat kehadiran Docking Port.

Perangkat tambahan yang datang dengan dimensi 144 x 102 x 65 mm dan bobot 265 gram ini juga memiliki Port terpisah yang hampir sama dengan yang terdapat pada laptop. Sebut saja USB 3.0 sebanyak 3 Port, USB 2.0 sebanyak 2 Port, Port jenis HDMI 1.4a, RJ45, Audio Jack sebanyak dua untuk Mic & Headphone Out), serta sebuah Docking connector. Dengan ragamnya Port tersebut tentu membuat pengguna bisa lebih mudah dan nyaman ketika notebook Gigabyte U21MD akan dialih fungsikan menjadi perangkat PC Dekstop.



Kesimpulan

Notebook Gigabyte U21MD merupakan perangkat multifungsi yang sangat menarik untuk kalangan profesional. Kalangan akademis pun sangat cocok menggunakan perangkat ini mengingat kegunaannya yang fungsional bisa menunjang aktivitas dan keseharian. Sayangnya, perangkat yang dikabarkan akan mengusung sistem operasi Windows 8 ini belum diungkap kapan akan masuk pasaran. Banderol harga untuk perangkat ini pun belum diungkap oleh Gigabyte. [HMN]

http://portal.paseban.com/review/143...ebook-gigabyte

0 comments: