Searching...
Monday, April 28, 2014

support your local football guys!!!

4:04 AM
Diantara banyak orang yang bangga memakai atribut sepakbola luar, disini gw lebih bangga memakai atribut tim sepakbola lokal kebanggaan gw, Persija Jakarta�.
�wah keren banget koh ini semua jersey asli koh?�
�asli lah tee, gw sih males ngoleksi kalo bukan yang asli�
�tapi koh dari sekian banyak jersey kok kaga ada jersey bola Indonesia koh? Timnas sekalipun kaga ada ini koh?�
�hahaha gw gak tertarik sama bola disini tee, kurang greget bola disini, banyak yang aneh, yaa lu tau lah yaa, kan supporter Persija. Jadi disini gw gak ngoleksi jersey bola lokal.�

~~~~~~~~~~~~~

�Tee liat dong ava gw, keren kan?�
�widih iya keren kak�
�iya itu waktu kemaren di SUGBK pas ada Chelsea tee�
�oohh kok lu bukan pake jersey Timnas malah pake jersey Chelsea kak?�
�lah gw mah ke GBK mau liat Chelsea doang, kalo bukan chelsea gw juga males jauh-jauh ke GBK liat Timnas yang mennya gitu-gitu aja�

~~~~~~~~~~~~~

Dialog diatas adalah sedikit percakapan gw dengan salah satu kenalan gw di rumahnya. Bisa dibilang dia seorang kolektor jersey, sebut saja namanya Kokoh. Dia mulai jadi kolektor jersey tahun 2008. Asli miris waktu gw liat semua koleksi jerseynya tidak ada satupun jersey bola Indonesia, timnas sekalipun gak ada.

Satu dialog lagi sama temen gw pecinta Chelsea yang juga gak pernah mau tau sama sepakbola Indonesia. Mereka bangga banget sama bola luar dan memandang sepakbola Indonesia dengan sebelah mata.

Disini gw bukan mau bahas kokoh atau teman gw, tapi kita liat dari segi masalahnya, kok ada ya orang tinggal di Indonesia tapi bener-bener tidak mau buka mata untuk sepakbola negerinya sendiri, gw tau mungkin gak cuma satu atau dua orang doang yang seperti itu, yaa bisa ditaksir mungkin ada sekitar 20-30% orang yang seperti itu di indonesia *koreksi kalo salah*

Banyak orang yang dengan bangganya memakai kaos, jaket atau atribut apapun yang berhubungan dengan bola luar semisal Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Juventus, Manchester United dan sebagainya, padahal belum tentu mereka benar-benar bisa mendukung langsung tim kesukaannya, mungkin hanya segelintir orang yang memang punya banyak uang yang datang langsung kesana, itupun tidak setiap pertandingan bukan??

Memang gak ada undang-undang yang melarang itu semua sih, setiap orang juga punya hak untuk suka dengan tim sepakbola manapun. Tapi apakah mereka punya kepuasan hanya dengan memakai atributnya saja?? Apa mereka puas hanya dengan menontonnya di layar kaca tanpa merasakan langsung bagaimana rasanya menonton di dalam stadion dengan euforia yang selalu membuat bulu kuduk setiap orang merinding??? Jelas gw katakan Tidak Puas untuk seorang supporter, jika ada yang mengatakan puas berarti mereka bagian dari orang yang munafik, atau memang hanya ingin terlihat keren??? �

Gw cuma bisa berfikir dan bertanya apa salahnya kita buka mata untuk sepakbola di Indonesia? Toh di Indonesia juga sepakbolanya tidak terlihat jelek, masih pantas tampil melawan tim-tim sepakbola negara luar. Bahkan bukan tidak mungkin jika kita dukung tim sepakbola kita, sepakbola kita akan sejajar dengan tim sepakbola sekelas tim sepakbola di liga Inggris atau liga Spanyol. Tim yang kita dukung selalu menang dan terkenal di dunia, pemain-pemainnya pun punya skill tersendiri yang bisa diacungi jempol, diidolakan banyak orang, dan dielu-elukan oleh semua kalangan. Ya, semua itu tidak mustahil, memang tidak mudah untuk menjadi tim sepakbola sekelas tim sepakbola dunia, tapi tidak juga kita harus pesimis dan meremehkan sepakbola negara kita sendiri.

Akhir-akhir ini kalo gw perhatiin udah tidak sedikit lagi orang yang menganggap remeh tim sepakbola Indonesia, walaupun banyak juga yang baru mulai berantusias dan mencoba menjadi supporter yang turun langsung ke tribun. Terlihat aneh, janggal ketika banyak tim-tim sepakbola bertaburan di Indonesia, bibit-bibit pemain baru calon pembawa nama harum Indonesia yang harusnya kita dukung penuh, kita banggakan, tetapi malah dipandang sebelah mata, ditakuti karena rusuh bahkan dicemooh hanya karena faktor-faktor yang tidak dimiliki di sepakbola yang ada di luar negeri.

Bolehlah suka dan dukung tim sepakbola luar, tapi saran gw, cobain dulu deh dukung langsung dateng ke stadion untuk tim sepakbola Indonesia, bedain dengan cuma nonton di tv tengah malem sampe pagi teriak-teriakan ganggu tetangga tidur, bohong kalo gak ketagihan dateng ke stadion teriak-teriakan langsung. Lagian kalo dikalkulasikan mungkin biaya satu kali perjalanan ke kota tempat tim bola luar yang kita suka itu bisa jadi biaya beberapa kali tour ke stadion di kota-kota seluruh Indonesia.

Lewat tulisan ini gw cuma mau mengajak, tidak cuma untuk supporter Persija, tapi semua orang pecinta sepakbola, yuk mulai sekarang kita dukung tim-tim sepakbola yang ada di indonesia, baik Amatir, Divisi Utama, Liga Indonesia ataupun ISL. Tim sepakbola Indonesia juga gak kalah kualitasnya dengan tim sepakbola luar, banyak tim dengan pemain yang memang berkelas seperti Persija, Arema, Sriwijaya, Persipura, Persib, Persela, Persebaya dll. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa dan tidak mau untuk mendukung tim sepakbola Indonesia, karena sekarang sudah banyak tim-tim sepakbola yang berasal dari seluruh sudut kota atau daerah di Indonesia. Kita banggakan dan kita dukung tim sepakbola dari kota atau daerah kita, kita jadikan stadion sesuai dengan peruntukkannya.

Untuk teman-teman yang sudah mendukung tim-tim sepakbola Indonesia, yuk kita jaga keharmonisan hubungan tim-tim sepakbola kebanggan kita, jangan ada lagi rusuh-rusuh beratasnamakan sepakbola, jadikan sepakbola Indonesia terpandang dan disegani lawan-lawannya.

Sekali lagi, gw supporter dan Pecinta Persija atas nama Indonesia lebih bangga memakai atribut tim lokal kebanggan gw, walaupun diluar sana banyak yang lebih bangga dengan atribut bola luarnya. so, proud for your local football and come on support your local football

0 comments: