Searching...
Friday, April 25, 2014

Tanaman yang dapat bangkit kembali

1:53 PM


Spoiler for repsol:


langsung saja disini TS akan memberi tau tentang mawar jericho


Quote:Perkenalan
Divisi :Lycopodiophyta
Kelas :Lycopodiopsida
Bangsa :Selaginellales
Suku :Selaginellaceae
Marga :Selaginella
Jenis :Selaginella lepidophylla


Quote:Disebut juga sebagai Mawar dari Jericho (Bunga Jericho), Selaginella Lepidophylla atau Rose Yerikho, juga dikenal sebagai bunga Kebangkitan atau bunga Doradilla, merupakan spesies dari tanaman gurun pasir yang tumbuh di Timur Tengah dan Amerika Tengah.

Tanaman ini dikenal karena kemampuannya bertahan hidup di saat kekeringan atau meski diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Selama cuaca kering di habitat aslinya, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi sebuah bola kecil. Begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya dan terurai kembali saat diekspos ke tempat lembab. Tanaman ini banyak ditemui dihabitat asalnya, di gurun Chihuahua.

Untuk waktu yang lama, 'mawar' ini hidup di daerah padang pasir, tumbuh dan bereproduksi sebagai tanaman lain sampai lingkungan tidak lagi mendukung keberadaannya yang memadai. Ketika saatnya telah datang, bunga-bunga dan daun akan mati dan jatuh, mereka kehilangan kelembaban dan cabang-cabang yang mengering, akan menggulung ke dalam, membentuk sebuah bola bulat.

Mereka mencabut akarnya dari tanah , sehingga memungkinkan angin gurun membawa mereka melintasi padang pasir, hingga suatu hari mereka tiba di suatu tempat yang lembab di mana mereka dapat terus tumbuh dan menyebar lagi. Bola kemudian meluas lagi, membuka, datar di tanah dan mendeposit bijinya, yang mana kemudian akan berkecambah. Setelah disiram, yang kering akan bersemi dan kemudian tampak tanaman muda segera mulai kuncup.

Bahkan setelah 50 tahun tanpa air tanaman ini akan bangkit kembali, sehingga tidak mengherankan kalau tanaman ini kadang-kadang disebut sebagai tanaman dinosaurus!

Meskipun mawar Jericho ini benar-benar kering, ia akan tumbuh jika ditempatkan dan dibiarkan tinggal di air. Bila sudah kering, tanaman ini akan terlipat dan berubah warna menjadi abu-abu dan rapuh.

Namun jika ditempatkan dalam air dan maka warnanya akan kembali seperti semula ke warna alaminya, yaitu hijau dan terungkap menjadi organisme hidup yang indah lagi, dan hal ini dapat terjadi berulang-ulang. Tempatkan Rose dalam piring atau mangkuk air selama 3 hari atau lebih, sampai menjadi hijau dan terbuka. Air harus sering diganti. Biarkan tanaman mengering sepenuhnya, dan setelah seminggu akan menjadi hijau dan hidup kembali.


Sekilas penampakannya

Quote:
Spoiler for ini:

Spoiler for ini:

Spoiler for ini (kayaknya bwk):

Spoiler for ini:

0 comments: