Searching...
Wednesday, April 30, 2014

Terima Kasih Iwan Fals

2:13 AM
Spoiler for iwan fals:

Kita mengenalnya dengan panggilan Iwan Fals. Saya tidak akan menulis ulang biografi beliau disini, karna sudah terlalu banyak yang mengulas fakta-fakta tentang musisi terbesar (setidaknya salah satu yang terbesar) yang di miliki negeri ini.

Negeri ini memiliki banyak musisi berbakat , tapi Iwan Fals selalu mendapat tempat berbeda di hati masyarakat. Lagu-lagunya terdengar jujur, kental bertema sosial, merepresentasikan suara-suara "kaum akar rumput" yang terlampau jauh dengan akses "sang penguasa", lewat karya-karyanya Iwan Fals menyuarakannya.

Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:


Beliau bukan seniman karbitan yang bermodal 1-2 single kemudian hilang di telan kerasnya industri musik. Karyanya adalah hits sepanjang masa yang akan terus di dendangkan di bis-bis kota, di warung-warung kopi, di pojok-pojonk gang sempit, sampai kapan ? entahlah, yang jelas sampai hari ini lagu-lagunya belum ingin berhenti di dendangkan.


Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:


Pertanyaan muncul kemudian .......

Ganteng kah Iwan Fals ? Saya rasa tidak. Bahkan tidak saat dia muda dulu.

Semerdu itukah suaranya ? ahhhhh, suaranya seperti namanya "fals". yapss suaranya benar-benar fals. Mungkin Iwan Fals tidak akan lolos kontes menyanyi (seperti yang bayak muncul TV) dengan modal suaranya.
Tapi itu semua jadi tak lagi penting , semua tertutupi oleh kharisma nya yag begitu besar. Menghipnotis jutaan telinga penggemarnya yang biasa di sebut OI (orang indonesia).

Bicara mengenai OI, komunitas ini lebih dari sekedar fans. Lihatlah betapa loyalitas mereka. Mereka memastikan konser Iwan Fals tak akan pernah sepi peminat. Mereka menyanyikan lagunya bersama-sama , memakai kaos dan berbagai atribut segala sesuatu tentang Iwan Fals. Mengibarkan bendera kebanggaan mereka. Yang lebih gilanya , bahkan bendera OI (atau bendera Iwan Fals) seringkali berkibar pada konser yang bahkan tidak berhubungan dengan Iwan Fals !!!

Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:
Spoiler for iwan fals:


Kembali ke soal karya-karyanya. Tema nya beragam, liriknya kuat,menyentuh.
Lewat karya-karyanya beliau bercerita tentang banyak hal. Anak Jalanan (sore tugu pancoran), Potret birokrat korup (surat buat wakil rakyat , bento, Manusia setengah dewa), Pahlawan (Bung Hatta, pulanglah), Ibu (Ibu) , Kaum Marjinal (Orang Pinggiran, bongkar) , Tuna Asusila (lonteku, gali gongli, doa pengobral dosa) hingga yang bertema cinta dan humor Banyak, banyak sekali. Sekali lagi semuanya di tulis dengan jujur dengan berani . Bahkan karna keberaniannya bukan tidak pernah Sang Maestro terancam keselamatannya karna tekanan dari berbagai pihak, terutama saat rezim order baru dulu.

Sempurna. Iwan Fals seolah membuat iri banyak musisi lainnya. Kharismanya, perjalanan kariernya, dan yang lebih menarik adalah loyalitas penggemarnya. Mungkin jika ada manusia indonesia dengan basis massa terkuat, Iwan Fals adalah orangnya. Mungkin jika terjun ke dunia politik, akan sangat mudah untuk Iwan Fals mendulang suara. Bahkan mungkin tanpa biaya kampanye sekalipun. Saya tidak memiliki data pasti, tapi saya yakin banyak petinggi partai yang mencoba merayu, "keseksian" popularitasnya memang menjadi magnet bagi mereka para ambisius politik. Tapi entah karna tidak tertarik atau memang sadar akan power yang di milikinya adalah amanah yang harus di jaga, sampai saat ini beliau enggan mengikrarkan diri sebagai simpatisan partai manapun. Bahkan beliau selalu menolak setiap kali di minta bernyanyi pada acara yang di sponsori partai politik.

Spoiler for iwan fals:


Demikianlah Iwan Fals, seniman legendaris yang memberi nuansa berbeda bagi musik indonesia. Ahh, ia lebih dari sekedar musisi rasanya, ia adalah pahlawan bagi banyak orang. Terus berdendang Bang Iwan... Tetaplah di sisi kami, bersuara untuk kami.

Terima kasih Iwan Fals.

Spoiler for buka gan:

0 comments: