Searching...
Wednesday, May 28, 2014

Catatan Ga Penting

3:03 PM
Miris akhir-akhir ini merasakan situasi menjelang pilpres tahun ini, wajar sih kalau tiap calon melakukan pencitraan dan sebagainya. Ditambah sikap masing-masing kubu saling melakukan hujatan dan sebagainya. Okelah kalau itu fakta ataupun fitnah, toh ga ada yang tau pasti kebenaran data yang diperoleh.

Mungkin tujuan mereka "baik" dengan menunjukkan bahwa pihak lawan itu seperti ini-itu. Sebaliknya, pihak lawan pun melakukan hal yang sama. Hingga akhirnya saling hujat-menghujat, saling melemparkan bantahan, hingga merendahkan harga diri sang lawan.

Para wartawan tidak mau kalah, mereka mendapat bahan berita menarik untuk diceritakan kepada para pembacanya. Diolah sedemikian rupa dengan judul yang memancing dan terkadang tidak terlalu menyampaikan berita. Hingga akhirnya para pembaca mempunyai persepsi berbeda terhadap apa yang diberitakan.

Hasil akhir dari semua ini, masyarakat indonesia menjadi terpecah, merasa bahwa figur pilihannya benar dan akhirnya saling hujat dengan pendukung lawan. Dan jadilah saat ini menjadi masa dimana saling hujat adalah hal yang wajar. Oke, katakanlah bukan sebagai saling hujat, tapi saling bertukar pendapat. Walau akhirnya tidak ada titik temu dari hasil bertukar pendapat tersebut.

Bagi saya, bangsa ini sedang dalam masa kelam kecil dimana jarang tampak dalam kehidupan masyarakat atau mungkin tidak ada lagi rasa Bhinneka tunggal ika, musyawarah mufakat, dsb dalam diri masing-masing individu. Yang kaya yang menentukan, bukan dari hasil musyawarah untuk menentukan yang terbaik bagi bangsa ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semua calon yang ditawarkan memang mempunyai sisi positif-negatif masing-masing. Tapi bagi saya semuanya belum pantas untuk NKRI ini. Masih ada yang lebih baik dari mereka. Kita tidak punya pilihan lain selain mereka. Tidak memilih juga bukan solusi terbaik.



Saya hanyalah warga indonesia, mahasiswa, aktivis abal-abal, hard carry/support/nuker, dan saya bukan tim nasi bungkus.

0 comments: