Searching...
Sunday, May 25, 2014

Edan! Budget Game Ini Tembus Rp 5 Triliun

10:54 PM


Mohamad Miradi - detikinet
Rabu, 21/05/2014 10:48 WIB
Jakarta - Dahulu, mungkin tidak ada seorang pun yang menyangka bahwa industri game akan menjadi begitu besar dan menguntungkan. Fakta menarik tersebut kembali menguak ke permukaan ketika Dong Nguyen, kreator Flappy Bird menghasilkan keuntungan sebesar Rp 600 juta hanya dalam waktu sehari.

Dong Nguyen hanyalah developer indie dan tentunya ia juga tidak memerlukan modal dalam jumlah besar untuk membuat suatu game. Lalu apa jadinya ketika Activision selaku publisher ternama video game di balik kesuksesan game-game seperti Call of Duty, World of Warcraft, Tony Hawk, dan lainnya membuat video game dengan budget Rp 5 trilliun!

Sebuah hal yang membuat kita tentu mengerenyitkan dahi sambil bertanya-tanya, game macam apa yang sedang dikembangkan?

Game dengan budget termahal di dunia itu adalah Destiny, game dengan genre MMO FPS (first person shooter) ini dikembangkan oleh Bungie yang merupakan developer game-game HALO series yang menjadi blockbuster di dunia video game.

Activision, melalui CEO-nya Bobby Kotick yang diwawancarai oleh Reuters baru-baru ini membeberkan nilai investasi yang disiapkan untuk Destiny yang yang mencapai USD 500 juta atau lebih dari Rp 5 trilliun! Budget tersebut sudah mencakup segalanya, mulai dari biaya produksi, packaging, royalty, promosi, iklan, kampanye marketing lainnya.

Selain memecahkan rekor game dengan budget termahal yang sebelumnya dipegang oleh GTA V (USD 260 juta) besutan Rockstar, Destiny juga masih superior jika dibandingkan dengan budget produksi film Hollywood sekelas Avatar (USD 450 juta) dam The Avengers (USD 225 juta).

Destiny akan dirilis multiplatform (Xbox One, Xbox 360, PS3 & PS4) pada bulan september tahun 2014. Satu hal yang pasti, Destiny bukanlah game yang akan dirilis tahunan layaknya Call of Duty atau Battlefield.

Baik Bungie maupun Activision sangat yakin dan berharap game dengan genre MMO FPS -- Bungie lebih suka menyebutnya ìshared world shooter -- ini akan memiliki lifecyle yang cukup lama dengan perkiraan 10 tahun.

Hal itu cukup masuk akal, mengingat World of Warcraft hingga kini masih memiliki 7,6 juta user aktif memainkan game tersebut. Versi beta Destiny akan bisa diunduh pada bulan Juli nanti oleh pengguna konsol game PS3, PS4, Xbox 360 serta Xbox One.

Apakah kamu salah satu gamers yang tertarik membeli game dengan budget termahal di dunia ini? (ash/ash)

0 comments: