Searching...
Sunday, May 4, 2014

Foto - foto tokoh dunia makan pisang anti rasisme

5:54 AM
Barcelona - Tindakan bek Barcelona Dani Alves dengan memakan pisang yang dilemparkan kepada dirinya dalam laga lawan Villarreal kini menjadi simbol anyar anti rasialisme di dunia sepakbola. Diklaim, bahwa hal itu memang sudah direncanakan sebelumnya.

Dilaporkan AS, setelah Alves dan rekan setimnya, Neymar--keduanya asal Brasil, jadi sasaran tindakan rasial dalam derby Catalan lawan Spanyol bulan Maret lalu, sebuah firma diminta untuk melakukan kampanye khusus untuk menarik perhatian atas permasalahan yang sudah menghantui sepakbola Spanyol selama bertahun-tahun tersebut.

Disebutkan bahwa Alves tidak tahu bahwa sebuah pisang akan dilempar ke lapangan ketika menghadapi Villarreal akhir pekan lalu, tetapi ia dan Neymar sudah bersepakat bahwa jika ada peluang yang muncul maka salah satu dari mereka akan langsung memakannya di atas lapangan di hadapan sorotan kamera-kamera. Momen tersebut kemudian akan digunakan untuk langsung menggulirkan kampanye di sosial media, di mana tenaga-tenaga profesional sudah disiapkan guna memastikan dampak semaksimal mungkin.

Maka dalam hitungan menit setelah insiden tersebut muncul Neymar, yang kini sedang memulihkan diri dari cedera, langsung memasang foto dirinya dan putranya dengan pisang di akun Instagram dan Twitter miliknya.

Menurut Guga Ketzer, rekanan dari agensi iklan Loducca yang dikatakan bertanggung jawab atas proyek tersebut dengan pihak lain, Meio e Mensagen, dan juga pihak Neymar, rencana mereka sudah berjalan dengan amat mulus.

"Tindakan lebih berdampak ketimbang kata-kata. Sebuah tindakan tak perlu terjemahan dan kita lihat bersama kalau hal tersebut sudah menjadi viral secara global," kata Ketzer kepada AS yang dikutip ESPN.

"Rencana awalnya adalah Neymar yang memakan pisangnya, tapi pada akhirnya jadi Alves dan pada akhirnya semua sama saja," lanjutnya.

0 comments: