Searching...
Friday, May 23, 2014

[Hello Community!] Seru-Seruan Bareng Kaskuser SMA

6:43 PM


Annyeonghaseyo Kaskuser!



Sebelumnya, KASKUS mau mengumumkan kalau Ngobras aka Ngobrol bareng komunitas sekarang berubah menjadi...

Hello Community!

Programnya tetap sama seperti dulu, yaitu kita akan tanya jawab dengan komunitas-komunitas yang ada di KASKUS. Nah, untuk bulan Mei 2014 kali ini kita akan mempersembahkan :

Kaskuser SMA



Langsung aja check it out interviewnya...



1. Haloo Gan! How are you?
Haloo, Alhamdulillah baik. lagi liburan sih hehehe


Kopdar serentak

2. Untuk pertanyaan pemanasan , boleh dishare gak gimana sih sejarah terbentuknya KASMA (Kaskuser SMA)?
Dulu Tahun 2011 sudah ada thread KASMA tapi waktu itu masih sepi banget. Nah, entah kenapa thread KASMA yang ada itu hilang. Alhasil TS pertama KASMA berinisiatif membuat thread baru lagi pada 28 November 2011. Dan sampai sekarang thread KASMA sudah (mengalami) pergantian TS selama 2x, dan kini thread-nya sudah sampai part 11


Acara YOTKC

3. Seberapa sering KASMA ngadain gathering? Biasanya ngapain aja kalau lagi gathering?
Kalau sering sih engga ya. Tapi kita pernah ngadain kopdar pas bulan puasa, kopdar serentak di 3 wilayah untuk membicarakan soal acara gathering, dan kita sudah pernah gathering 3x. Biasanya kalau gathering yang kita omongin seputar sekolah,pelajaran, pastinya kita bercanda-canda, saling berbagi cerita, dan mengenal lebih dekat antar member.

4. Denger-denger bakal ada gathering nasional KASMA ya? Boleh diceritain tempat, waktu, dan acaranya?
Iya dong, baru saja di adakan tanggal 17 mei kemarin yang tempatnya di Jogja. Acaranya seru looh, pesertanya juga banyak dari berbagai kota.


Gathering KASMA di Bandung

5. Ada cerita menarik / memorable gak selama KASMA berdiri?
Tentu saja ada, dari yang cinlok, ngerjain salah satu member, pokoknya tingkah-tingkah tiap member saat di b-log kasma maupun di grup whatsapp membuat KASMA jadi lebih berwarna. Oiya kita jadi punya banyak teman lhoo dari seluruh penjuru Indonesia

6. Bagaimana tanggapan KASMA melihat pendidikan di Indonesia zaman sekarang?
Pendidikan jaman sekarang lebih kepada orientasi nilai dibandingkan dengan esensi dari materi yang di ajarkan. Anak-anak jaman sekarang cenderung untuk menyelesaikan tugas tetapi kurang memaknai pelajaran tersebut. Belajar pun hanya saat mendekati ujian.


Gathering KASMA di Jakarta

7. Menurut KASMA, apa yang menjadi kendala terbesar sehingga pendidikan di Indonesia, bisa dibilang kalah dari pendidikan-pendidikan di luar?
Kendalanya adalah Indonesia kurang memahami mengenai disiplin Ilmu. Dalam meraih pengetahuan yang luas diperlukan disiplin ilmu yang tinggi. Seperti banyak orang bilang "Kalau kamu mau jadi orang pintar ya harus belajar, jangan harap kamu ingin pintar dengan sendirinya bila kamu sendiri tidak punya tekad untuk jadi orang sukses".



8. Menurut KASMA, perlu gak diadain Ujian Nasional? Apakah penyelenggaraan UN sudah berjalan dengan baik?
Menurut kami perlu. Namun, tidak dengan membuat banyak paket soal dan menambah beban pikiran siswa akan soal-soal sulit bertaraf internasional. Kalau mereka menuntut kita untuk jujur, tapi kenapa mereka meyulitkan kami untuk berbuat jujur?

Kasus bocornya soal/kunci jawaban juga membuat resah dan memberikan peluang oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Kalau bisa, jika sudah menetapkan sistem seperti itu pikirkan juga segalanya dengan matang dan jangan lagi membuat siswa kecewa akan berbagai hal dan akhirnya mengeluhkan adanya UN.


Gathering KASMA di Jogja

9. Pernahkan kegiatan KASMA diliput sama media? Boleh diceritain ..
Kalau diliput sih belum ya, tapi sekali-kali pingin diliput deeh

10. Menurut KASMA, gimana sih caranya menjadi siswa yang berprestasi? Share dong tips agar tetap update dengan informasi tapi tetap berprestasi?
Kuncinya ada di diri kita sendiri. Yang utama itu kerja keras, kalau kerja keras sudah jadi mindset di diri kita, apapun bisa terjadi, dan jangan lupa untuk mengatur waktu dengan baik.


Gathering seru di Jogja

11. Sampai sekarang, budaya senioritas dan tawuran kan masih banyak terjadi di SMA-SMA, menurut KASMA apa yang harusnya dibenahi?
Menurut kami yang perlu di benahi adalah pola pikir remaja masa kini, karena mereka menganggap yang kuat adalah yang menang, dan senioritas adalah hal yang lumrah bagi pelajar SMA. Seharusnya para senior wajib membimbing juniornya dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab, bukan dengan cara kekerasan. Stop bullying! Namun, karena masalah ini sudah menjadi tradisi jadinya agak sulit untuk di hilangkan. Harus secara perlahan membenahi itu semua. Tidak cukup hanya dengan memperketat aturan sekolah. Tegas lah, tapi tidak mengekang siswa.


Kopdar Jatim - Jogja

12. Terakhir, apa harapan KASMA untuk anak-anak SMA yang ada di Indonesia?

Harapan KASMA untuk teman-teman SMA di Indonesia, pastinya kami semua mengharapkan sistem pendidikan Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya. Jangan pernah takut untuk bermimpi teman, jangan pernah takut gagal dan pastinya jangan menyimpan dendam dengan guru . Hormati guru walau segalak apapun guru itu, sayangi teman karena suatu saat kita akan membutuhkan mereka. Dan yang terpenting, sayangi diri kalian sendiri jangan meracuninya dengan hal-hal negatif serta berbuat hal yg kelewat batas.

13. Sipp, terima kasih banyak untuk waktunya ya Gan!
Okey, terimakasih kembali kaskus.

Quote:Jangan lupa untuk meramaikan threadnya KASMA di
We are Kaskuser SMA



0 comments: