Searching...
Wednesday, May 14, 2014

Misteri Penampakan Lubang Misterius di Langit California

10:45 AM

Lubang misterius di langit California (Twitter/Daily Mail)

Stockton - Foto-foto formasi awan aneh di atas California Utara menggegerkan sosial media. Membuat para netizen bertanya-tanya: apa yang sesungguhnya terjadi di luar sana? Di luar Bumi.

Gambar tak biasa tersebut bermunculan di Twitter, Facebook, dan Instagram. Menunjukkan penampakan lubang tak biasa, cerah, yang muncul di antara awan di langit Stockton Jumat 9 Mei 2014 sore pekan lalu.



Kini, warga California, juga orang-orang di seantero dunia berspekulasi tentang penyebab fenomena tersebut.

"Jadi, @WhiteHouse (Gedung Putih) ingin kalian yakin apa yang terjadi di atas langit Stockton kemarin hanyalah 'formasi awan', GTFOH #iKnowWhatiSaw," demikian tweet @CaPtDCharles, seperti dimuat Daily Mail, Selasa (13/5/2014). Ia menuduh Gedung Putih bakal menutup-nutupi fenomena itu. Meski hingga berita ini diturunkan, sama sekali belum ada tanggapan dari kantor kepresidenan.

Spekulasi juga beredar liar, ada banyak yang berpedapat 'lubang terang' itu adalah UFO atau apapun yang disebabkan makhluk ekstraterresterial.

Namun, ada banyak teori lain. Misalnya "Stockton, ada banyak hal menarik terjadi di sana...manipulasi cuaca? hmm," kicau @AceThePhantom.

Atau, "Apakah itu lubang cacing dari (film) Donnie Darko?," tanya @NGC.



Jadi, apakah fenomena awan tersebut? Penjelasan ilmiahnya, fenomena tersebut diduga adalah Fallstreak hole -- formasi awan berbentuk lingkaran di mana terdapat celah lubang di tengah. Lubang tersebut terbentuk pada saat suhu air awan di bawah titik beku, tapi air tidak membeku karena kurangnya partikel nukleasi.

Fenomena yang sama pada tahun 2010 juga menyebabkan spekulasi merajalela. Situs CBS13 mencatat, formasi seperti itu sering terjadi di sejumlah wilayah di dunia, namun jarang terlihat di tempat-tempat yang hangat seperti Stockton.

Lubang Fallstreak diyakini disebabkan oleh kombinasi sebab, alam maupun manusia. Sebab alami, Fallstreak hole, yang juga dikenal sebagai �lubang pukulan di awan� (hole-punch clouds), terjadi ketika sebagian titik-titik air di awan tersebut membeku menjadi kristal es.

Terkadang kristal es terbentuk cukup besar lalu jatuh di bawah awan itu dan hasilnya akan membentuk jenis awan berlubang. Lubang tersebut dapat tumbuh menjadi jauh lebih besar, bahkan kadang bisa mencapai 50 kilometer.

Ilmuwan juga percaya bahwa pesawat terbang juga dapat menyebabkan lubang Fallstreak ini terbentuk. Seperti yang disebabkan oleh pesawat jet yang lewat, yang dapat menyebabkan proses penguapan domino dan menciptakan lubang




http://news.liputan6.com/read/204915...git-california


waduh,misteri nih gans

0 comments: