Searching...
Tuesday, May 13, 2014

penyebab pemadaman listrik di jakarta 12 mei 2014(PLTGU Muara Karang Terganggu)

2:03 AM

TEMPO.CO, Jakarta - Manajer senior komunikasi Perusahaan Listrik Negara, Bambang Dwiyanto, mengatakan pemadaman listrik yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya semalam diakibatkan adanya gangguan pada trafo interbus (IBT) 1 dan 2 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong, Bogor.

"Gangguan ini memicu padamnya Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi Gunung Salak dan Pusat Listrik Tenaga Uap Pelabuhan Ratu di Jawa Barat," kata Bambang ketika dihubungi pada Kamis, 10 OKtober 2013. Akibatnya sebagian Bogor, Cibinong, Cileungsi, Sukabumi, Depok, dan sebagian Jakarta Timur wilayah Jakarta Timur mengalami pemadaman.

Gangguan di dua trafo Cibinong ini disebabkan karena adanya kerusakan sehingga terbakar. Bahkan, Bambang menyebut terbakarnya trafo ini lebih parah dari yang terjadi di Cawang beberapa waktu lalu.

Saat ini PLTP Gunung Salak sudah selesai diperbaiki. Sedangkan PLTU Palabuhan Ratu masih terganggu sehingga pasokan listrik ke pelanggan tidak cukup. Sebagian pelanggan di Jawa Barat terpaksa masih mengalami pemadaman.

Untuk itu, PLN mulai memperbaiki trafo Cibinong. Bambang juga meminta kepada pelaku usaha besar untuk menggunakan pembangkit sendiri untuk memudahkan perbaikan. Sedangkan untuk rumah tangga agar mengurangi pemakaian listrik untuk meminimalisasi pemadaman.

berita lainnya

TEMPO.CO, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang mengatakan penghentian sementara aliran listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang disebabkan defisit daya sistem sebesar 600 megawatt. Defisit ini, diakibatkan gangguan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Karang serta dan Penghantar Petukangan-Gandul.

Menurut juru bicara PLN, Bambang Dwiyanto, pembangkit tersebut tiba-tiba padam. "Hal itu memicu gangguan di transmisi yang menghubungkan Muara Karang-Gandul," kata Bambang saat dihubungi, Senin, 12 Mei 2014.

Bambang mengatakan, saat ini PLN tengah mengalihkan beban pembangkit yang terganggu ke gardu induk lain. "Yang memasok ke Jakarta kan ada di beberapa gardu induk," kata dia.

Daerah yang terkena dampak penghentian aliran listrik sementara, antara lain Grogol, Budi Kemuliaan, Kebon Sirih, Karet, Kuningan, Setia Budi, Semanggi, Jl Gajah Mada, Jl Hayam Wuruk, Jl M.H. Thamrin, Tanah Abang, Jl Asia Afrika, Bintaro, Ciputat, Senayan, Pantai Indah Kapuk, Jl Joglo, Jl Kebayoran Lama, Kebun Jeruk, Jl Raya Tomang, BSD City, Lippo Karawaci, Jl Raya Legok, Cengkareng, Duri Kosambi, Jl Raya Serpong, Kebon Jeruk, Jl Raya Daan Mogot, Kapuk, Jl Bandengan, dan sekitarnya.

Bambang mengatakan, pihaknya mengupayakan pasokan listrik akan kembali normal malam ini.

berita lainnya


VIVAnews - Sebagian penduduk di Jakarta dan Tangerang mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi hari ini, Senin, 12 Mei 2014. PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang menyampaikan permohonan maaf atas adanya pemadaman itu.
Seperti dikutip dari pln.co.id, penghentian sementara aliran listrik akibat defisit daya sistem sebesar 350 MW karena gangguan Sub Sistem Kembangan dan Sub Sistem Muara Karang-Gandul.

Pemadaman dibagi dalam lima tahap di mana setiap tahap maksimal selama tiga jam.

Adapun wilayah yang terkena penghentian aliran listrik yaitu Apartemen Lippo Karawaci, Jalan Raya Legok, Perum Gading Serpong, Perum Lippo Village, Jalan. Raya Serpong, Alam Sutera, Cipondoh, Jalan Raya Cikupa, Jalan Raya Serang, Pasar Kemis, Jatake, Jalan Industri Palm Manis, dan sekitarnya.

Penghentian dimulai pukul 09.00 WIB dengan wilayah padam yaitu beberapa wilayah di Bintaro, Kebon Jeruk, Bulungan, Grogol, dan sekitarnya.

Saat ini PLN sedang mengupayakan percepatan perbaikan di kedua sub sistem tersebut untuk melokalisir wilayah yang terkena dampak padam. Sehubungan dengan penghentian aliran listrik tersebut, warga yang tidak terkena dampak pemadaman agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya untuk menjaga kestabilan pasokan listrik.
Bagi pelanggan yang mempunyai genset dimohon untuk mengaktifkannya sebagai antisipasi pemadaman

terimakasih
ts hanya mengharapkan doa biar ada yg ngasih cendol

untuk silent reader ngak papa ,ngak komen juga ngak papa, yg penting doannya dan....
aku rapopo

0 comments: