Searching...
Tuesday, May 27, 2014

Pilih-Pilih Temen Kelompok & Cara Ngadepinnya

7:04 AM

Pilih-Pilih Temen Kelompok & Cara Ngadepinnya


Nggak boleh kalo di pertemanan, tapi dalam kelompok sangat dianjurkan!

Buat lo yang masih sekolah/kuliah pasti suka mengalami hal ini deh. Selalu bingung milih temen buat jadi satu kelompok sama kita. Kayak milih pacar, suka ada pertimbangan yang harus kita pikirin baik-baik. Misalnya, nggak enak ditolak karena udah temenan banget. Tapi kalo dijadiin kelompok juga bakal nyusahin. Soalnya lo tahu kalo ini bakal menentukan kesuksesan tugas dan nilai lo nanti. Gue punya beberapa kriteria temen yang patut lo ajak bergabung sama lo buat jadi satu kelompok. Mereka adalah:


Quote:
Yang Selalu Bawa Cemilan



Di tengah terpaan tugas yang menguras otak, dia bisa jadi malaikat buat kalian. Selalu bawa cemilan di setiap pertemuan. Nggak jarang dia juga suka nawarin lo mau dibeliin cemilan apa. Biar konsentrasi dan keseruan kalian selama ngerjain tugas tetep terjaga. Kayak minta pesenin bakso di tikungan jalan, gorengan abang-abang yang masih panas, rujak buah atau minta tolong dia bellin es tong-tong yang suka lewat depan rumah.

Yang Punya Fasilitas Mumpuni



Ini juga perlu banget lo ajak. Mulai dari rumahnya yang enak buat jadi basecamp kelompok. Apalagi ada fasilitas wifi anti lelet. Laptop canggih yang bisa dibawa pulang sama siapa aja. Terus ada printer juga yang bisa dipake buat ngeprint apapun (kayaknya tuh tinta nggak habis-habis) di luar tugas. Pokoknya fasilitas yang bisa mendukung kesuksesan tugas kalian.

Yang Suka Bayarin Fotokopian/Print-an/Jilid-menjilid



Nah orang ini juga penting ada di kelompok yang mau lo bentuk. Apalagi yang namanya tugas pasti nggak jauh-jauh sama urusan ngeprint, fotokopi, jilid-menjilid. Orang kayak gini biasanya paling cekatan ngeluarin uang dari kantong dibanding yang lain. Alias punya inisiatif tinggi buat bayar duluan. â??Udah gampang pake duit gue dulu aja nih.â?? (Disaat anggota lain masih ngerogoh kantong celana dalam gerakan lambat).

Yang Mobile Banget



Mobile di sini maksudnya bisa diajak atau disuruh kemana aja. Dia nggak pernah keberatan kalo suruh ke tempat tertentu. Pokoknya gampangan banget. Minta anterin ke sini mau, ke sana oke, ke sana ke sini ayoo. Bener-bener cocok buat jadi anggota kelompok, terutama bagian akomodasi dan transportasi kalian.

Punya kriteria lain yang lo jadiin patokan dalam bikin kelompok? Bagi-bagilah ke sini.


Ngadepin Temen Kerja Kelompok


Dalam pergaulan sehari-hari, semuanya sih lancar-lancar aja. Tapi giliran kerja bareng, kok adaa saja yang menyulitkan.



Saat kerja kelompok (baik tugas kelas ataupun kepanitiaan acara), kita akan berhadapan dengan berbagai karakter â??teman kerjaâ??. Nah, nggak semuanya mudah dihadapi, seperti empat tipe â??menantangâ?? yang seringkali kita temukan berikut ini. Ayo hadapi mereka!


Quote:
Tipe Bossy

Ciri: Suka mengatur kelompok, walaupun kadang bukan dia leader-nya.



Hadapi dengan: Sisi positif dari tipe seperti ini adalah, mereka bertanggung jawab dan cukup disiplin. Tapi jangan biarkan ia mengintimidasi anggota kelompok lainnya untuk â??buka suaraâ??. Makanya, harus berani mengungkapkan pendapat dalam kelompok. Pegang prinsip â??adil merataâ?? dan â??musyawarah mufakatâ?? dalam bekerja.

Tipe Queeny

Ciri: Sering absen kumpul kelompok dengan alasan sibuk. Cuma suka dengan tugas tertentu yang memungkinkan dia untuk â??tampilâ??. Misalnya jadi humas atau moderator saat diskusi kelompok.



Hadapi dengan: Walaupun dia bagus banget dalam tugas tertentu tersebut, tapi jangan mau dia ambil enaknya saja. Tetap beri ia bagian untuk mengerjakan tugas yang â??sesungguhnyaâ??, dan berikan deadline!

Tipe Missing in Action

Ciri: Bikin kita bertanya-tanya: â??Emang dia di kelompok kita, ya?â?? Dan, yap! Namanya memang ada, tapi saat kerja, menghilang entah kemana.



Hadapi dengan: Mesti benar-benar tegas untuk menghadapi teman macam ini. Kalau perlu sambil â??gertak sambalâ?? bahwa kita akan mengeluarkannya dari kelompok, kalau ia mangkir lagi ngerjain tugas. Selain itu, terus â??dekatiâ?? dia, kalau perlu kerjain tugas kelompok di rumahnya, biar dia nggak bisa kabur lagi. Hehehe

Tipe Single Fighter



Ciri: Suka mengerjakan sebagian besar beban tugas kelompok sendirian. Nggak pake komunikasi atau kompromi, tiba-tiba sudah jadi.

Hadapi dengan: Asyik juga tuh, tugas kita jadi jauh lebih ringan, heheheâ?¦ Tapiii, dibalik kerajinannya, tersimpan rasa egois dan nggak percaya sama teman sekelompok. Sama tipe begini, kita mesti menetapkan pembagian tugas yang detail sejak awal. Lalu adakan diskusi sebelum tugas dikumpulkan.




Sumber1

Sumber2

Quote:
Cowok Merasa 7 Hal Ini Keren, Cewek Menganggapnya Cemen HT#01
Omelan-Omelan Ibu yang Pasti Pernah Kamu Dengar HT#02
Penyebab Balikan Sama Mantan HT#03
Gadis Cantik Ini Menampakkan Dirinya 'Melayang' Di Berbagai Negara
Pemicu Rusaknya Hubungan Di Era Per-GADGET-An !

Thread Yang Lainnya

0 comments: