Searching...
Wednesday, May 14, 2014

Tips Agar Anak Bertambah Nafsu Makannya Dan Mau Makan

11:33 PM




[size="10"]Mohon Bantuan Rate Ya Gan[/size]
Quote:


Kaskus Checking
Quote:
[Center][IMG]
http://s29.postimg.org/i8fhnfown/090.jpg[/IMG]











Quote:
[Center]

Masalah anak tidak mau makan adalah hal yang sangat sering dihadapi oleh kebanyakan orang tua. Terutama pada anak-anak yang masih berusia balita. Hal ini dikarenakan pada usia satu sampai lima tahun anak-anak selalu aktif bergerak dan ini tentu saja berpengaruh pada
pola makannya.
Anak berkurang nafsu makannya karena mereka lebih senang bermain daripada duduk manis dan makan di tempat yang sudah disediakan. Menyiasati agar anak mau makan supaya si kecil selalu sehat adalah tantangan bagi setiap orang tua. Jika anak tidak mau makan maka hal ini bisa menyebabkan daya tahan tubuhnya
berkurang, anak menjadi rentan terkena penyakit karena kurang mendapatkan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan.


Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba oleh para orang tua agar anak-anak bertambah nafsu makannya dan mau makan:

1. Makan Bersama Keluarga

[Center][IMG]http://s23.postimg.org/deiaa523f/022.jpg
[/B]

Quote:
Terapkan acara makan bersama keluarga setiap harinya. Dengan melihat orang tua dan anggota keluarga lainnya (misalnya kakak, nenek dan kakek) memakan makanan, anak Anda akan tertarik juga untuk menyantap makanannya. Jika anak tetap menolak untuk makan, minta anak untuk tetap duduk di ruang makan sampai jam makan selesai.


2. Porsi Makanan dan Pujian



Quote:
Sajikan makanan dalam porsi kecil. Jika anak sanggup menghabiskan makanannya berikan pujian kepada anak, dan secara bertahap berikan makanan lagi kalau memang anak masih merasa lapar.


3. Minum Air Putih Pada Saat Makan

[Center]

Quote:
Sebaiknya saat jam makan berikan anak air putih sebagai minumannya. Setelah ia menghabiskan makannya maka Anda bisa memberikan susu kepadanya. Bila Anda memberikan susu sebelum jam makan, maka dikhawatirkan ia akan cepat merasa kenyang dan berkurang minatnya untuk menghabiskan makanannya.


4. Suasana Pada Saat Makan

[Center]

Quote:
Suasana saat anak makan harus menyenangkan, dalam artian santai dan tidak dalam keadaan terburu- buru (terutama apabila anak masih dalam tahap belajar makan sendiri). Pemberian makanan saat terburu-buru dapat membuat anak tersedak.


5. Variasi Menu Makanan

[Center]

Quote:
Menu yang disajikan harus bervariasi dengan
bermacam jenis makanan yang berbeda setiap harinya supaya anak tidak bosan dan lebih sehat. Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral setiap harinya. Karena tidak ada satupun makanan yang memiliki semua
kandungan secara lengkap, maka manusia harus
menerapkan menu makanan sehat seimbang. Oleh karenanya sebaiknya Anda menyajikan menu yang telah diatur sedemikian rupa sehingga anak mendapatkan semua kandungan gizi yang dibutuhkannya.


6. Membuat Makanan Dengan Bentuk-Bentuk Lucu



Quote:
Makanan yang menarik tentu membuat anak lebih semangat untuk memakannya. Agar selera makannya bertambah, sajikan makanan dalam potongan bentuk- bentuk lucu dan paduan warna kontras yang menarik untuk anak.


7. Fokus Untuk Makan

[Center]

Quote:
Sebaiknya Anda tidak mengajarkan anak untuk
makan sambil bermain dengan mainannya,
membiarkannya berlari-lari sambil makan atau sambil menonton TV, karena akhirnya anak menjadi tidak fokus kepada makanan harus dimakannya. Biasakan anak Anda untuk selalu makan di meja dan dalam posisi duduk, bukan tiduran atau sambil bermain.


8. Alat Makan Bergambar Lucu

[Center]

Quote:
Menyajikan makanan yang Anda berikan kepada anak dengan sendok, piring, mangkok dan garpu plastik bergambar tokoh kartun kesukaan anak dapat membuatnya lebih semangat untuk makan. Saat makanan masih penuh si kecil tidak dapat melihat gambar tokoh kesukaannya di dasar piringnya. Setelah makanan sudah mulai hampir habis anak Anda akan mulai dapat melihat sebagian gambar tersebut. Terus berikan motivasi kepadanya supaya akhirnya anak bisa melihat keseluruhan gambar setelah makanan di piringnya habis.


9.Melibatkan Anak Menyiapkan Makanan

[Center]

Quote:
Libatkan anak dalam menyiapkan makanannya
karena anak-anak cenderung memakan makanan kreasi mereka sendiri. Biarkan anak Anda membantu menyiapkan makanan misalnya minta anak untuk mengiris-iris pisang yang akan dimakannya dengan pisau plastik sehingga berbentuk seperti roda-roda. Ketika membuat sandwich mini Anda bisa memberikan cetakan pemotong kue kepada anak untuk menciptakan desain yang dapat dimakan dari makanan seperti keju, roti dan irisan daging tipis.
Cara lainnya adalah dengan memberikan anak roti (sebaiknya bukan roti tawar putih, melainkan roti gandum yang banyak mengandung biji-bijian kaya serat), berikan pisau plastik, mentega, selai buah atau selai kacang. Biarkan anak mengoleskan mentega dan selai di roti yang akan dimakannya.


10.Tidak Memaksa Anak Untuk Makan

[Center]

Quote:
Jangan pernah memaksa anak untuk makan jika ia tidak lapar dengan tetap menyendoki makanan ke mulutnya walaupun anak meronta menolak untuk makan.
Hal ini untuk menghindari bahaya tersedak pada anak, selain itu dapat membuat anak ketakutan, trauma dan frustasi pada saat jamnya makan.


[size="10"][Center]"SEMOGA BERMANFAAT"
[/size]

"Jika Berkenan "
Quote:


[Center]"Kaskuser Sejati Pasti Meninggalkan "

Quote:


[Center][IMG]
[/IMG]
"WARNING!!!"
Quote:
[Center]




[Center]


0 comments: