Searching...
Wednesday, May 21, 2014

Tips Sukses: The Power of To

8:53 PM
Kesuksesan dimulai dari sekarang! Sebuah tulisan singkat untuk menjadi bahan materi bagi kalian yang ingin memulai usaha, usaha apapun itu, belajar, bekerja, berkarya, itu semua adalah usaha. Tulisan ini hanya memakan waktu kurang dari setengah jam untuk kalian baca, tapi akan merubah hidup kalian selamanya, jika kalian memahami dan melakukan hal sederhana ini. This is what the mentors called with The Power of TO. Sebuah tips untuk kalian yang ingin mencoba sukses dengan cara yang sederhana, tapi canggih. Why? Because everything has a prize, and you have to take it, or leave it.

1. To Be ( Menjadi )
Hey, what do you want to be? Apa yang kalian lakukan, apa yang kalian perbuat, semuanya pasti ada alasannya. Dan itulah apa yang disebut dengan To Be û Menjadi. Kalian berbuat baik, kalian menjadi orang yang baik. Kalian bekerja giat, kalian menjadi kaya, dsb. Semua yang kita lakukan selalu punya alasan. Bayangkan apa yang akan kalian inginkan, kalian ingin kaya? Ingin dikenal? Ingin punya perusahaan besar? Itulah to be, pikirkan dahulu apa yang kalian inginkan untuk dijadikan nyata, ingat, dijadikan nyata. Semua hal yang kalian mau bisa kalian tulis di buku catatan, saat kalian ada waktu untuk berkarya, buka catatan tersebut dan lihat daftar apa saja yang kalian ingin wujudkan. Fokuskan pada satu hal dulu, lakukan apa yang menurut kalian harus, dan saat keinginan kalian sudah terwujud, coret keinginan kalian dari daftar tadi. Disini kalian akan merasakan bahwa ada sesuatu yang kalian jadikan. To be û Menjadi.

2. To Do ( Melakukan )
What should you do? Apa yang kita inginkan selalu punya alasan, dan semua alasan itu ada cara mewujudkannya. Setelah kalian tahu apa yang ingin kalian jadikan nyata, sekarang waktunya kalian untuk memikirkan apa yang harus kalian lakukan untuk mendapatkannya. Jangan menyimpang dari jalan yang benar, kenapa? Karena sekali kalian menyimpang, maka kalian meruntuhkan jalan yang sebenarnya. Kalian akan merasakan blur pada jalan yang sebenarnya harus kalian lewati, akhirnya kalian malah melewati jalan lain, ya! Jalan milik orang lain. Kalian akan bertumbukan dengan jalan orang lain, disinilah muncul perselisihan, disinilah muncul masalah dengan orang luar, dan disinilah area yang tidak aman. Maka dari itu, pikirkan apa yang harus kalian lakukan untuk mencapai hal yang ingin diwujudkan tanpa melakukan hal yang tidak perlu. Kemudian realisasikan hal tersebut dan lakukan secara nyata di dunia.

3. To Get ( Mendapatkan )
What do you get now? Setelah kalian memikirkan apa yang kalian inginkan, kalian sudah menuliskannya, kalian sudah mencari tahu jalannya dan kalian sudah melaksanakannya. Tapi apa yang kalian dapatkan sekarang? Apakah yang kalian dapat sudah sesuai dengan keinginan? Apakah semua yang kalian rasakan sama seperti yang kalian harapkan? Jika belum, maka cek lagi point 2. Apakah ada yang salah dengan point 2? Mungkin kalian melupakan sesuatu atau bahkan kalian tidak merasakannya sama sekali? Semakin rumit yang akan kalian rasakan di point ini. Karena point ini memiliki tingkat keakuratan dalam hal kejiwaan dan perasaan. Jika kalian sudah mencari jalan lain dalam point 2, dan masih belum mendapatkan apa yang kalian inginkan, lihat lagi point yang pertama. Apakah keinginan kalian itu relevan dengan kenyataan? Ok, jika kalian hidup di era 30 an dimana kalian ingin untuk membuat orang dapat terbang di udara yang saat ini terwujud dengan adanya pesawat, itu masih relevan karena itu ada ilmunya. Tapi jika kalian ingin membuat gunung yang dapat berjalan dari satu kota ke kota yang lain maka itu sedikit aneh dan bahkan tidak relevan dengan kenyataan. Cek lagi dan perbaiki. Jika kalian sudah mendapatkannya, maka kalian sebenarnya sudah sukses sampai disini.

4. To Show ( Membuktikan )
Everything has a prize, and you show it! Setelah keinginan kalian tercapai, kalian sudah bisa dibilang sukses. Tapi, itu hanyalah kesuksesan yang kalian nikmati sendiri. Apa untungnya? Tentu saja banyak. Tapi pernahkah kalian berpikir bahwa ada yang lebih nikmat dari sukses itu sendiri? Satu hal, berbagi. Dan berbagi disini hanya dapat ditunjukkan dengan pembuktian. Kalian sudah membuktikannya, kenapa orang lain tidak? Jika kalian mau dan mampu membuktikan kesuksesan kalian, apakah orang lain tidak tertarik? Tentu saja mereka tertarik, dan disinilah peran lain anda dimulai. Anda akan dicari dan diminta untuk mengajari. Bukan untuk unjuk gigi, tapi untuk berbagi. Dan sekali lagi, everything has a prize. Jadi, mulai dari sekarang, tuliskan apa yang kalian inginkan, cari jalan untuk mewujudkannya, lakukan dan berusahalah, teliti dan nikmati kesuksesan kalian, kemudian berbagilah dengan seksama. Karena berbagi itu indah dan EVERYTHING HAS A PRIZE.

Sekian dari saya, follow @nandackcahyo

0 comments: