Searching...
Tuesday, May 13, 2014

.:: Togian Island Carribean From Indonesia :matabelo ::.

12:56 PM






Quote:Original Posted By Dimaznibiru


Jangan sampai, kita hanya menjadi penonton yang melihat hilir mudiknya turis asing, menikmati keindahan negeri kita.






Sederetan pulau indah mengapung di lautan terlindungi sebuah teluk bernama Tomini. Kawasannya adalah sebuah zona transisi Garis Imajiner Wallace dan Weber yang menyuguhkan keajaiban alam yang jangan sampai dilewatkan. Bersiaplah mereguk lebih banyak kemegahan Celebes dan melihat langsung tempat berdiamnya salah satu suku penghuni lautan, yaitu Bajo




Setelah melalui proses geologi yang rumit selama jutaan tahun, dasar lautan dangkal dimana karang purba hidup mulai mengalami pengangkatan sedikit demi sedikit hingga membentuk Kepulauan Togean sebagaimana yang dapat kita lihat saat ini.

Kepulauan Togean terdiri dari beberapa pulau besar yang dikelilingi sekitar 66 pulau-pulau satelit. Batudaka, Togean dan Talatakoh adalah 3 pulau terbesar dan berdekatan yang dipisahkan oleh selat sempit. Dua pulau pertama masuk dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Togean.




Waleakodi dan Waleabahi membentuk gugusan pulau di sisi timur. Una-una, terpisah jauh di sisi barat laut sekitar 30 km dari Batudaka. Gunung Colo (407 m) yang dikategorikan sebagai gunung berapi aktif, mendominasi landscape Pulau Una-Una.

Kepulauan Togean memiliki keragaman habitat yang tinggi, mulai dari hutan perbukitan, hutan tropis dataran rendah, hutan pantai, hutan mangrove, danau, air terjun, padang lamun dan terumbu karang.





Satu-satunya ekosistem terumbu karang yang paling lengkap di Indonesia juga hanya dapat ditemukan di Kepulauan Togean. Berbagai tipe ekosistem seperti karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang cincin (atoll), dinding karang (reef wall) dan gua bawah laut dijumpai di Togean.

Gunung api yang masih aktif dapat dikunjungi di Pulau Una-una. Keberadaan danau yang dihuni ubur-ubur tanpa sengat di sisi utara Pulau Togean, menambah keistimewaan kawasan ini.



Quote:Original Posted By Fakta




Dari hasil survei yang dilakukan oleh Conservation International (CI), Allen dan Mc Kenna (2001), melaporkan bahwa di Kepulauan Togean ditemukan sebanyak 262 spesies terumbu karang, 555 spesies moluska dan 596 spesies ikan karang.

Hartini dan Wawangningrum (2002), mencatat sebanyak 322 jenis tumbuhan darat seperti paku, semak, anggrek dan pohon, tumbuh di hutan sekitar Wakai. Beberapa spesies langka dan dilindungi seperti lumba-lumba hidung botol, sapi laut (duyung), buaya muara dan ketam kenari masih dapat ditemui.

Keindahan Kepulauan Togean terletak pada lansekap pantainya yang mempesona. Hamparan pasir putih di tepi tebing karang yang tinggi menjulang, gradasi warna air laut dari hijau tosca ke biru, rangkaian pulau-pulau mungil yang terbentuk dari bongkahan karang, deretan rumah suku Bajo dan hilir mudik perahu bercadik milik nelayan berpadu membentuk harmoni alam yang indah.


Pemandangan bawah lautnya pun tak kalah memukau. Terumbu karang beraneka warna diselingi anemon, sponges, karang lunak dan alga membuat pengunjung betah untuk bersnorkeling dan menyelam berlama-lama.

Sebagian besar penginapan (resort/cottage) dan penyedia alat selam (dive center) di Kepulauan Togean terletak di pulau-Pulau satelit yang berukuran kecil. Beberapa diantaranya yang sangat terkenal di mancanegara adalah Pulau Kadidiri, Poyalisa dan Pangempang.



Spoiler for Terumbu Karang nya gan :




Pulau-pulau lain yang juga menjadi tujuan wisata adalah Bolilanga, Taupan, Tongkabu, Malenge, Papan, Langkara dan Taoleh.
Beberapa lokasi cottage di Kepulauan Togean, diantaranya adalah Island Retreat di Bomba, Pulau Poyalisa, Black Marlin di Pulau Kadidiri dan Fadhila di Pulau Pangempang.


Gallery Of Togian Island

Spoiler for Beautifull Togian Island:


Informasi Detail jalur Pariwisata Ke Tongian Island

Spoiler for Rute Jalur Ke Pulau Togian:


Semoga Pemerintahan Kita Lebih Bisa memaksimalkan & Peduli Dengan kekayaan Yg Indonesia Miliki



" Kaskuser yang bijak selalu meningalkan jejak "


Sedekah Nya klo info ini bermanfaat ya gan

0 comments: