Searching...
Tuesday, May 13, 2014

Wuhua Hai, Danau Lima Warna Tercantik Di China

11:24 PM
Quote:
Quote:Dilansir Hujiang.com, lembah Jiuzhaigou yang berarti 'lembah sembilan desa' merupakan kawasan konservasi dan taman nasional yang terletak di bagian utara provinsi Sichuan, barat daya China. Terbentang seluas 72.000 hektar, Jiuzhaigou merupakan bagian dari kawasan Gunung Min Shan yang berbatasan dengan Plato Himalaya Tibet.

Lembah ini telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992. Lembah Jiuzhaigou begitu kaya akan keindahan alam yang menakjubkan. Karena itulah jutaan turis berdatangan ke tempat ini setiap tahunnya. Beberapa danau dan air terjun tercantik di China terletak di tempat ini. Salah satu yang paling memukau adalah Wuhua Hai yang berarti danau bunga lima.

Danau ini terbentang di ujung Sungai Merak dengan ketinggian 2.472 meter di atas permukaan air laut. Danau tersebut cukup dangkal. Kedalamannya hanya sekitar lima meter. Tetapi airnya sangat jernih. Nama 'bunga lima' diberikan karena airnya memang terdiri dari lima warna, yaitu biru laut, biru tua, hijau gelap, kuning, dan merah, seperti lima warna yang muncul di taman bunga saat musim semi. Warna-warna tersebut terjadi karena kandungan mineral di dalamnya, yaitu kalsium karbonat dan hidrofita (tumbuhan air) yang hidup di dalam air danau.

Quote:
Quote:Dilansir Lake Lubbers, jika dilihat dari atas, air danau ini tampak berwarna biru dan hijau. Kadang warnanya berubah menjadi hijau zamrud atau kuning jika kandungan mineral di dalamnya tinggi. Karena kejernihan airnya, batang-batang pohon roboh berabad lalu yang terbaring di dasar danau jadi terlihat jelas. Berkat keindahannya itulah danau ini menjadi yang tercantik di antara 118 danau yang ada di lembah Jiuzhaigou. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu danau terindah di dunia.
Quote:
Quote:
Quote:Penduduk setempat yang bermukim di desa-desa sekitar lembah percaya kalau dulunya danau ini adalah tempat tinggal para peri. Hal itu disebabkan karena air di danau ini tidak membeku pada musim dingin, walaupun kondisi alam sekitarnya membeku. Setelah diteliti, ternyata hal itu disebabkan karena suhu air danau yang selalu hangat. Di dasar danau ini ditemukan sebuah saluran air alami yang terhubung dengan Danau Chang. Air dari Danau Chang mengalir ke Wuhua Hai melalui terowongan yang kaya akan kapur ini. Kapur inilah yang menyebabkan air berubah menjadi panas.

0 comments: