Searching...
Monday, June 9, 2014

27 Tips Untuk Jadi Luar Biasa Di Bidang Apapun Yang Kamu Mau

3:52 PM

Spoiler for No Repost:


Quote:Quote:27 Tips Untuk Jadi Luar Biasa Di Bidang Apapun Yang Kamu Mau
Mau jadi master fisika kayak Einstein atau bisa main piano sambil merem kayak Mozart? Well, percaya deh kamu bisa jadi luar biasa di bidang apapun yang kamu mau, asalkan mau belajar, disiplin, sabar, dan tekun. Nah, biar lebih gampang, yuk ikutin 27 tips dari buku Mastery karangan Robert Greene ini!

1. Kenali Diri Kamu
Spoiler for :

Setiap orang punya insting untuk bisa tau kemampuan terbaik dalam dirinya. Sayangnya, mereka kadang lebih percaya omongan orang lain. Percaya diri dan yakinlah kalau kamu bisa sukses dengan pilihan karirmu, sekalipun banyak orang yang menganggap hal itu aneh. Leonardo da Vinci nggak tiba-tiba lahir dan langsung jadi master. Dia terus belajar dan mengikuti apa yang disukainya sejak kecil, yaitu arsitektur dan anatomi.
2. Mau Jadi Pegawai Negeri? Mending Jadi Penulis
Spoiler for :

Bukan mau nyinyir, tapi mungkin ini adalah fenomena di lingkuan sosial kamu. Bayangin kalau satu lowongan kerja diperebutkan ribuan orang, sedangkan di lowongan kerja lainnya kamu nggak akan punya saingan. Pilih pekerjaan atau keahlian yang nggak mainstream. Dengan begitu, kamu lebih mudah berjuang jadi yang terbaik.

3. Hidup Ini Relatif: Ketika Menurutmu Itu Salah, Bisa Jadi Itu Adalah Yang Paling Benar
Spoiler for :

Dulu, Mozart dipanggil anak ajaib gara-gara jago banget main piano. Sang ayah kemudian memaksanya membuat komposisi musik. Sekalipun sebenarnya tidak begitu suka, Mozart justru ingin membuktikan bahwa dia bisa. Kadang, ketertarikan pada sesuatu bisa datang karena uang atau sekedar ingin dapat pengakuan.

4. Kalau Kamu Suka, Mulai Dari Yang Paling Dasar
Spoiler for :

Pikirkan sesuatu yang bisa membuatmu seketika berubah seperti anak kecil. Apa yang membuatmu tertarik maka itulah masa depanmu. Bagi Marie Curie si penemu teknologi radioaktif, yang paling menarik adalah peralatan di laboratorium milik ayahnya.

5. Pilihan Ada Di Tanganmu, Gan!
Spoiler for :

Waktu masih sekolah, Charles Darwin itu nggak pinter-pinter amat. Dia hobi berantem dan males masuk sekolah. Ketika ada kesempatan pergi ke Amerika, dia bahkan sempat nggak mau ikut. Tapi lihat, perjalanan itu justru melahirkan teori yang paling berpengaruh sepanjang masa.

6. Kamu Lagi Belajar Naik Sepeda
Spoiler for :

Nggak perlu repot bikin orang terkesan. Cukup fokus mengamati dan terus belajar. Jangan malas latihan dan ulangi terus-menerus. Bayangin aja kamu lagi belajar naik sepeda. Yang pasti, kamu nggak akan sadar kalau kamu udah jadi master sebelum melakukan eksperimen. Segera lakukan sebelum kamu siap maka kamu akan belajar.

7. Gan, Uang Bukan Segalanya
Spoiler for :

Daripada kerja di perusahaan dengan gaji gede, Martha Graham lebih milih jadi guru dengan bayaran kecil. Tapi, dia nggak perlu kerja lembur atau dikejar deadline. Waktu luang dia gunakan buat belajar tari sampai akhirnya dia dapet julukan the mother of modern dance.

8. Belajar Itu Dengan Rendah Hati
Spoiler for :

Percaya deh kalau kamu nggak perlu merasa superior atau punya pikiran jelek apapun. Belajar itu harus rendah hati, menyerap sebanyak mungkin, secepat mungkin. Biar bisa diisi, gelas itu harus kosong dulu kan?

9. Kadang Kamu Harus Merasakan Sakit
Spoiler for :

Sadar cuma punya modal tinggi badan, pemain NBA Bill Bradley memilih cara latihan yang nggak biasa. Sepatunya diisi batu dan bagian bawah kacamatanya ditutup potongan kardus. Dia bermain tanpa melihat bola tapi merasakan permainan.

10. Belajar Itu Berani Salah
Spoiler for :

Sebagai programer, Paul Graham nggak sekedar belajar, tapi dia coba punya inisiatif menciptakan sesuatu. Dia gagal, mengatasi masalah, dan mencoba lagi.

11. Harus Lebih Pintar Dari Gurumu
Spoiler for :

Cari tahu dan pelajari kira-kira kenapa dia bisa pintar terus bisa jadi guru. Catatan pentingnya, kamu tetep harus lebih pintar dari dia.

12. Pilih Guru Yang Membuatmu Tertantang
Spoiler for :

Dalam sejarah psikologi, Carl Jung yang berguru sama Freud justru punya teori yang melawan gurunya. Jung banyak belajar dan menemukan ciri khasnya sendiri.

13. Serap Ilmunya Dan Transformasikan
Spoiler for :

Minder belajar sama gurumu yang pintarnya tingkat dewa? Nggak bisa paham karena bahasanya juga tingkat dewa? Kamu cukup fokus aja, berusaha memahami apa yang dia ajarkan dengan caramu sendiri. Yakin kalau suatu saat kamu bisa melampaui dia.

14. Kuncinya Adalah Interaksi
Spoiler for :

Freddie Roach mengakui bahwa Manny Pacquiao adalah muridnya yang paling interaktif, menyenangkan, mau mendengar, cerdas, dan menyerap ilmu dengan cepat. Itulah alasannya kenapa Pacquaio bisa jadi juara dunia.

15. Mau Jadi Master? Please Jangan Anti Sosial!
Spoiler for :

Kamu harus berperan mematahkan mitos kalau orang pintar biasanya introvert, nggak punya temen dan kesepian. Seorang master sejati nggak menganggap lingkungan sosial sebagai penghambat, tapi justru mendukung kesuksesannya.

16. Mau Dikritik Dan Bisa Beradaptasi
Spoiler for :

Tau nggak kalau penemu antiseptik, Ignaz Semmelweis, meninggal di umur 47 tahun tanpa uang sepeserpun? Yup, ketika itu Semmelweis adalah ilmuwan arogan yang nggak terima kalau ada orang lain yang mengkritik penemuannya.

17. Jangan Jadi Orang Yang Kaku
Spoiler for :

Teresita Fernandez adalah ahli patung sukses dan pemenang MacArthur â??Genius Fellowshipâ??. Sekalipun membuat patung dan memahat besi sebenarnya keahlian laki-laki, tapi dia asik-asik aja. Sebagai wanita, dia justru bisa lebih lembut dan jujur dalam berkarya. Gan, bersikap kaku, nggak fleksibel, dan susah kompromi adalah penghalang buat kesuksesanmu lho!

18-27 Bakal diupdate di post #2

0 comments: