Searching...
Tuesday, June 3, 2014

5 Fakta Sejarah Perjalanan Bill Gates Mendirikan Microsoft

8:23 AM


Quote:

Spoiler for Cek No Repsol:

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

Sajian tokoh di dunia Bisnis kali ini cukup menarik karena akan mengupas sejarah perjalanan bisnis Bill Gates mendirikan Microsoft. Dia adalah entrepreneur sukses yang telah 13 kali menduduki posisi teratas dalam deretan orang terkaya di dunia. Ya, Bill Gates adalah sosok yang luar biasa dalam keluarga dan bisnis. 5 Fakta kali ini akan membahas bagaimana proses perjalanan awal dia membuat sebuah perusahaan raksasa bernama Microsoft. Okay, langsung saja kita simak

5 FAKTA SEJARAH
PERJALANAN BILL GATES MENDIRIKAN MICROSOFT


Quote:
1. Kehidupan Keluarga Bill Gates

Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Anak pasangan William H. Gates, Sr dan Mary Maxwell Gates. Ayahnya adalah pengacara terkenal di Seattle sedang Ibunya adalah seorang guru sekolah. Semasa SD, prestasi akademik dalam pelajaran Sains dan Matematika melampui teman-temannya sekelas. Kemudian Gates pindah sekolah ke Lakeside School. Disinilah untuk pertama kalinya, Gates diperkenalkan dengan computer. Bill Gates mengatakan:

â??Ketika saya berusia 13 tahun, sekolah saya (Lakeside School) memasang mesin teletype yang dihubungkan ke pusat kota Seattle. Sejak itu saya dan teman-teman menghabiskan sebagian besar waktu luang kami menulis program dan mencari tahu bagaimana membuat komputer dapat melakukan hal-hal yang menarik.â??

Mengikuti minatnya pada pemograman, Gates berhasil membuat program komputer pertama kali berupa tic-tac-toe yang memungkinkan pengguna untuk bermain game melawan komputer. Pada tahun berikutnya Gates, Paul Allen, Ric Weiland, and Kent Evans disewa untuk menulis sebuah program penggajian di Cobol. Setelah itu dia berhasil menulis program komputer sekolah untuk penjadwalan siswa di kelas.

2. Lahirnya Traf-O-Data

Pada usia 17, bersama Paul Allen dan Paul Gilbert membuat Traf-O-Data. Tujuannya adalah untuk membaca data mentah traffic lalu lintas di jalan. Dari sinilah awal kelahiran Microsoft. Meskipun secara bisnis Traf-O-Data tidak membuahkan sukses yang luar biasa tapi kontribusi nyata dari Traf-O-Data sangatlah besar. Gates dan Allen mendapatkan banyak ilmu yang mereka gunakan dalam membuat Altair BASIC untuk komputer MITS Altair 8800. Ini adalah komputer mikro yang dirancang tahun 1975 berdasarkan Intel 8080.

â??Meskipun Traf-O-Data tidak begitu sukses tapi dari situlah kita mempersiapkan produk pertama Microsoft beberapa tahun kemudian. Kami mengajarkan diri untuk mensimulasikan bagaimana mikroprosesor bekerja menggunakan komputer DEC. Sehingga kami bisa mengembangkan software bahkan sebelum mesin kami dibangun.â?? â?? Paul Allen

3. Kuliah di Harvard College

Setelah lulus dari Lakeside School pada tahun 1973, Gates masuk ke Harvard College. Sebuah institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat dan salah satu yang paling bergengsi di dunia. Hampir dua tahun Gates menjadi mahasiswa di Harvard tapi dia tidak punya rencana studi yang jelas. Dia banyak menghabiskan waktu menggunakan komputer sekolah. Gates tetap menjalin komunikasi dengan Paul Allen. Hingga tahun berikutnya mereka melihat MITS Altair 8800 dirilis berdasarkan Intel 8080. Gates dan Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk mulai mengembangkan perusahaan software komputer mereka sendiri. Gates drop out dari Harvard. Melihat antusiasme Gates yang besar pada program komputer, kedua orang tuanya mendukung penuh keputusan anaknya membuka perusahaan.

4. Lahirnya Microsoft

Tahun 1975 saat membaca majalah Popular Electronics edisi Januari yang menampilkan Altair 8800, Gates mengontak pencipta mikro komputer baru MITS. Gates bilang bahwa dia dan temannya mengembangkan sebuah software dari bahasa pemrograman BASIC untuk sistem. Padahal Gates dan Allen tidak mengerjakannya, dia hanya ingin mengukur seberapa besar minat pihak MITS. Presiden MITS, Ed Roberts, setuju bertemu dengan mereka untuk demo. Delapan minggu sebelum demo, mereka mengembangkan emulator Altair yang bekerja pada sebuah mini komputer. Mereka pun sukses mendemonstrasikannya di kantor MITS dan menghasilkan kesepakatan dengan pihak MITS untuk mendistribusikan Altair BASIC. Paul Allen dan Bill Gates meninggalkan Boston dan mendirikan Microsoft di sana. Mereka menamai perusahaan mereka â??Micro-Softâ?? dan memiliki kantor pertama di Albuquerque. Setahun kemudian mereka menghapus tanda penghubung (-) dan tepat pada tanggal 26 November 1976 mereka mendaftarkan nama dagang mereka menjadi â??Microsoftâ??.

5. Kesuksesan Microsoft Windows

Microsoft pertama kali meluncurkan Microsoft Windows (Windows 1.0) versi ritel pada 20 November 1985. Sebelumnya, pada bulan Agustus, Microsoft dan IBM bekerjasama dalam pengembangan sistem operasi yang berbeda yang disebut OS/2 yang dipasarkan dengan desain hardware terbaru IBM. Sayangnya hubungan kerjasama dengan IBM tersebut berakhir beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1991.

Pada tanggal 16 Februari 1986, Microsoft pindah ke Redmond, Washington. Satu bulan kemudian, tepatnya 13 Maret 1986 perusahaannya go public. Setahun kemudian 1987, Microsoft merilis versi pertama dari OS/2. Berlanjut memperkenalkan produk yang banyak dibutuhkan kantor-kantor yaitu Microsoft Works. Yaitu sebuah program kantor terpadu yang menggabungkan fitur pengolah kata, spreadsheet, database dan aplikasi kantor lainnya. Pada tanggal 8 Agustus 1989, Microsoft kembali memperkenalkan produk kantor paling sukses yaitu Microsoft Office. Berbeda dengan model Microsoft Works, Microsoft Office adalah bundel aplikasi untuk produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel


Berikut pembahasan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Dan semoga dapat menambah wawasan Kaskuser Sekalian.




*Cek Sumur

0 comments: