Searching...
Friday, June 13, 2014

5 Kota Bawah Laut Yang Mengagumkan

6:05 PM
Tidak perlu diragukan lagi, kita pernah mendengar legenda atlantis. Sebuah kota yang besar yang hilang ketika air telah menenggelamkannya.

Hingga hari ini telah ditemukan kota-kota legenda bawah laut (atau dibuktikan bahwa kota ini pernah ada). Mari kita simak kota-kota yang mengagumkan ini.

1. Port Royal, Jamaika

Kota yang dikenal untuk kegiatan bajak laut, prostitusi, minuman keras dan pesta tiap malam ini. Port Royal dicap sebagai kota terjahat dan penuh dosa di dunia.
Hingga bulan Juni 1692 sebuah gempa besar berskala 7.5 mengguncang pulau Jamaika, menenggelamkan Port Royal kedalam lautan dan membunuh lebih dari 2000 orang penduduk. Apakah gempa ini terjadi karena kekuatan alam atau karena dosa. Selama ratusan tahun orang lebih mempercayai yang kedua.
Sejak saat itu kota bawah laut ini menjadi terkenal dan menjadi situs penggalian arkeologi.
2. Piramida Yonaguni-Jima, Jepang

Hingga hari ini para ahli masih berdebat apakah Monumen Yonaguni yang terletak di bawah air di lepas pantai Jepang adalah buatan manusia atau hanya kejadian alam.
Meskipun ada bukti untuk mendukung teori alam, melihat batu bertingkat dan bentuk segitiga yang yang membentuk piramida sulit untuk percaya monumen tersebut bisa terjadi secara alami. Piramida menjulang sekitar 250 meter dari dasar laut dan merupakan godaan bagi penyelam untuk mengunjunginya.
Jika struktur adalah buatan manusia, para ahli menyarankan itu kemungkinan dibangun selama zaman es terakhir pada sekitar 10.000 SM.

3. Dwarka, Teluk Cambay, India

Kota kuno Dewa Krishna pernah dianggap hanya mitos. Namun reruntuhan yang ditemukan pada tahun 2000 tampaknya membuat napak tilas bagi kisah legenda di India ini.
Cerita legenda bahwa Dewa Krishna memiliki kota yang megah yang terdiri dari 70.000 istana yang terbuat dari emas, perak, dan berbagai logam mulia lainnya. Kota itu makmur namun setelah kematian Krishna, Kota Dwarka diduga tenggelam ke laut.
Reruntuhan yang terletak 131 meter di bawah permukaan laut di Teluk modern Dwarka, merupakan salah satu dari tujuh kota tertua di India. Penelitian telah menunjukkan reruntuhan menjadi luar biasa geometris, sungguh menakjubkan.
Banyak artefak telah ditemukan dari situs ini. tapi tidak ada hal lain yang lebih penting dari yang menunjukkan bahwa kota ini berdiri dari 7500 SM, dan mendukung teori bahwa reruntuhan ini sangatlah besar adalah kota Dwarka yang melegenda.

4. Kota Singa, Danau Quiandao, Cina

Hadir sebagai kota bawah laut paling spektakuler di dunia, Kota Singa di Cina tentu adalah sebuah keajaiban.
Dibangun pada Dinasti Han Timur pada sekitar 25-200 CE dan mencakup area wilayah sekitar 62 lapangan sepak bola. Saat ini Lion City dapat ditemukan 85-131 meter di bawah permukaan Pulau Danau Seribu, daerah yang sengaja di tenggelamkan pada tahun 1950 untuk dibuat bendungan.
Patung-patung yang menghiasi kota ini menjadi saingan keindahan Alexandria. Jadi tidak heran bahwa Kota Singa sekarang menjadi salah satu tujuan wisata di Cina yang sangat populer.

5. Istana Cleopatra, Alexandria, Mesir

Di lepas pantai Alexandria terletak apa yang diyakini sebagai istana Cleopatra, ratu Mesir kuno. Hal ini diyakini bahwa reruntuhan yang terlemparkan ke laut oleh gempa bumi lebih dari 1.500 tahun yang lalu ini dan terabaikan sampai beberapa tahun terakhir.
Diyakini sebagai tempat tinggal warga kerajaan, arkeolog juga percaya bahwa mereka telah menemukan kuil Isis dalam explorasi mereka. Sampai saat ini, lebih dari 140 artefak telah ditemukan dari situs dan ahli sekarang percaya bahwa mereka telah menemukan makam Cleoplatra dan museum kuno di dalam reruntuhan.
Mudah-mudahan reruntuhan akan dibuka untuk penyelam dan wisatawan di tahun-tahun mendatang, memungkinkan kita semua untuk melihat lebih dekat pada keajaiban yang istana Cleopatra.

0 comments: