Searching...
Wednesday, June 4, 2014

Ini dia alasan Bikers yang Memodifikasi Motornya...

9:55 PM


Bosan dengan tampilan standar pabrikan? Ingin terlihat beda? Kebutuhan harian/pekerjaan? Mungkin itu beberapa alasan mengapa anda memodifikasi motor anda. Tak ada batasan jenis motor, dari motor tempoe doeloe, bebek, matic, sport, cross, apapun jenis motor anda pasti ada keinginan memodifikasi motor anda walaupun mungkin hanya sebatas cutting sticker & spion saja. Namun ada juga yang benar2 mengubah fungsi motor sebenarnya dari pabrikan menjadi motor idaman/motor yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Alasan PEKERJAAN/KEBUTUHAN/FUNGSIONAL
Biker jenis ini sebenarnya tidak tertarik dengan memodifikasi motornya, mungkin hanya beberapa part saja yang di modif & itu pun atas nama kebutuhan. Contoh, biasanya motor benar2 standar, dari mulai body, knalpot, ban, dll, semuanya standar pabrikan. Hanya mungkin ada tambahan part macam top box/side box untuk bawa barang, jok yang divariasi supaya lebih nyaman, hingga wind shield supaya meminimalisir terpaan angin & muncratan air dari kendaraan di depan, dll. Biasanya tipe pengendara ini adalah kaum pekerja yang tidak ingin dokumen2 pentingnya basah kehujanan/lecek, selalu sedia jas hujan di box, aman dari angin malam & muncratan air (windshield), hingga cover sepatu dikala hujan sehingga besok sepatu bisa dipakai ngantor. â??Minimalis namun lengkapâ?¦.â??

2. Alasan Touring
Biker jenis ini biasanya penggila touring. Alhasil si motor pun disulap jadi motor spesialis touring apapun jenisnya, mau matic, bebek, streetfighter, bahkan motor sport pun dijadikan motor touring, walaupun terkadang ada beberapa yang agak maksa & gak sesuai dengan konsep alamiah si motor. dari mulai box yang wajib harus, ban, stang, sampai perintilan kecil macam phone holder, tempat botol minuman, dll. si penggila touring biasanya juga melakukan perubahan pada sistem kelistrikan hingga mesin agar si motor jadi mumpuni untuk kondisi jarak jauh.

3. Alasan INGIN TAMPIL BEDA
Nah kalau yang ini gak ada sangkut pautnya sama sekali dengan kebutuhan apalagi operasional. Dari yang cuma main cutting sticker, cat, airbrush, hingga modifikasi body & kaki-kaki. Soal jenis motor? tak ada batasan. Jadi lupakan ergonomis, ekonomis, apalagi fungsi. Coret itu semua karena memang biker dengan tipe ini rela tunggangannya tampil beda & menarik. Dan itu saja yang penting. Titik!

4. Alasan KEBUTUHAN NAMUN INGIN TETAP TAMPIL BEDA
Biker jenis ini masih menjunjung tinggi tingkat safety, kegunaan, & fungsi, namun juga tidak ingin motornya tampil standar. Tambahan knalpot racing, hingga body & kaki2 pun kerap kita jumpai pada biker jenis ini. â??Beda yang fungsionalâ?¦â??

5. Alasan IKUT-IKUTAN/MENGIKUTI TREND
Biker jenis ini biasanya sering merubah jenis modifiksai motornya, bahkan sering gonta ganti motor. Alasannya simpel, â??udah bosen, pengen ganti modelâ?¦â?? Atau, â??Udah gak zaman lagi pakai motor begituan, sekarang kan zamannya motor yang beginiâ?¦blablablaâ??. Biker macam ini biasanya bermodal lebih & soal modif dia gak setengah2/nyicil, langsung bawa ke bengkel modif, & langsung jadi 100%. Bahkan saya kenal salah satu orang macam ini, note: dia sama sekali gak ngerti motor, cuma seneng makenya doang. Dulu dia punya motor matic, di modif model low rider dengan ban segede gaban, beberapa bulan berikutnya sudah berubah jadi model drag ber-ban cacing, lalu main motor batangan modif streetfighter, gak sampe 1 taun sekarang motornya model cafe racer. Salah? gak juga, itu hak masing-masing individu. â??gw ada modal kok, duit2 gwâ?¦â?? bener gak? heheheâ?¦

6. Alasan Motor Aink Kumaha Aink
Motor gw ya gimana gw, tipe makhluk yang modif motornya secara asal-asalan, tak berkonsep, berubah-rubah juga tipe modifnya, dan berujung pada cacat/tidak sempurnanya si motor yang menjadi korban â??motor aink kumaha aink tadiâ??. Bahkan mungkin sebenarnya biker tipe ini tidak tahu sama sekali soal konsep, & biasanya modal kurang tapi keinginan selangit. Jadi modif asal, gak sempurna, gak 100% dan bukannya nyicil buat menyempurnakan si motor, nanti ditengah jalan dia merubah lagi konsep modifikasinya, atas nama â??Motor aink kumaha ainkâ?? tadi. Tapi kalau dipikir-pikir betul juga, itu bener2 motor dia, soalnya gak ada orang yang mau naikin tu motorâ?¦hahaha (kidding). Salah gak? ya gak juga, itu kan motornya dia, ya bebaslah mau dia apain aja, walaupun kaca helm BERUBAH fungsi jadi cover headlamp sekalipun, betul gak?


matic pun gak ketinggalan Mamen..

0 comments: