Searching...
Friday, June 6, 2014

Menjadi orangtua Panutan bagi anak. mampukah Kamu??

6:53 PM
Jaman semakin berkembang dan anak-anak jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman kita masih kecil dulu. Untuk memberikan contoh yang baik, perlu pendekatan yang mudah dipahami dan sesuai dengan situasi modern ini.

Yang jelas, anak pasti akan melihat orang tuanya, sehingga mereka akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tua. Bila Anda sedang dalam tahap seperti ini, kami punya beberapa tips sederhana untuk Anda.

Membukakan Pintu di Tempat Umum

Saat berada di tempat umum seperti mini market, restoran dan sebagainya di mana pintunya kita buka sendiri, coba contohkan untuk membukakan pintu. Ini akan jadi contoh sederhana untuk menghargai dan peduli akan orang lain saat ia dewasa nanti.

Memelihara Hewan Atau Tanaman

Dekatkan anak pada lingkungan. Ajak mereka berkebun atau memberi makan binatang peliharaan Anda. Dengan begitu mereka akan tahu dan ikut mencintai tanaman atau hewan peliharaan Anda. Anak yang diajak berkebun juga cenderung mudah makan sayur dan buah lho.

Membaca

Ajarkan anak Anda membaca. Tak harus menyuruhnya membaca. Bacalah buku di dekatnya saat bermain atau bacalah buku dengan gambar yang menarik. Tunjukkan sesuatu yang juga bisa dibaca oleh anak Anda, itu akan menggiringnya untuk mau belajar membaca.

Bicara Sopan

Selalu bicara dengan sopan pada siapapun, bahkan pada anak-anak sendiri. Ajarkan tata krama dalam berbahasa. Dengan demikian mereka tidak akan mengucapkan bahasa negatif yang tak dicontohkan dalam keluarganya.

Belanja Dengan Daftar

Saat belanja, bawalah daftar belanjaan. Cara ini bisa membuat anak belajar hemat, terencana dan belajar untuk mengelola uang dengan bijaksana.

Bergurau

Ajak anak Anda bergurau. Ini adalah salah satu cara untuk mengajari anak Anda tentang keceriaan dan kesenangan dalam hidup. Dengan demikian nantinya ia tak akan menjadi anak yang pemurung atau sensitif.

Sehat Dan Teratur

Hiduplah dengan rutin dan sehat. Mulai dari bangun pagi, jadwal harian, olahraga, makanan yang sehat dan tidur tepat waktu. Kehidupan yang teratur akan membuat anak Anda ikut sehat bersama Anda.

Ajari anak Anda secara berimbang dan bijaksana. Dengan demikian mereka akan menjadi sosok yang bisa membanggakan kita di masa mendatang.

0 comments: