Searching...
Tuesday, June 10, 2014

Revolusi Popok Bayi - Clodi Sang Popok Modern

5:14 PM
Dalam membesarkan seorang anak komponen biaya yang besar untuk belanja bulanan adalah susu formula dan diaper. Bagi orang tua yang mempercayakan asupan gizi bagi anaknya melalui susu formual tentunya akan merogoh saku cukup dalam. Pernah mencoba berhitung berapa kaleng yang dibutuhkan dalam sebulan? tapi dalam kesempatan ini bukan itu yang akan dibahas.Dalam kesempatan menulis kali ini fokus pembahasan adalah pada penggunaan diaper.



Diaper sekali pakai sangat praktis dalam pemakaian, karena praktis inilah banyak orang tua memilih untuk menggunakannya. Bagaimana tidak praktis, habis dipakai langsung dibuang, mudah dan tidak merepotkan. Tetapi orang tua harus hati-hati dalam memilih diaper, pilih yang aman dan tidak menyebabkan iritasi untuk anak. Karena kulit bayi cukup sensitif terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam diaper sekali pakai. Maka dari itu pilihlah diaper dengan kualitas yang baik untuk menghindari terjadinya iritasi.

Belakangan ini semakin nge-trend diaper cuci ulang atau ada juga yang menyebutnya clodi dari kepanjangan Cloth Diaper. Clodi mengadopsi semua fungsi yang ada di diaper sekali pakai. Setidaknya ada tiga fungsi utama bahan pembuat clodi yaitu yang pertama adalah lapisan anti bocor,kedua adalah lapisan penahan cairan dan yang terakhir adalah lapisan tetap kering. Dan yang paling menakjubkan adalah ketiga fungsi utama tersebut dibuatdari bahan kain tanpa bahan kimia. Karena terbuat dari kain inilah clodi memungkinkan untuk dicuci dan setelah kering bisa dipakai lagi.

Lapisan anti bocor memastikan agar cairan pipis atau ompol sikecil tembus dan meluber kemana-mana, bahkan untuk beberapa clodi dengan kualitas baik bahan lapisan anti bocor adalah bahan yang kedap air tapi tidak kedap udara yang memungkinkan sirkulasi udara tetap terjaga. Lapisan penahan pipis terbuat dari bahan dengan serat yang halus dan rapat yang memungkinkan menampung cairan lebih banyak dibanding jenis kain lainnya. Dan lapisan tetap kering membuat bayi tetap nyaman walau habis buang air kecil.

Kelebihan utama CLODI dibanding diaper sekali pakai ada beberapa diantaranya:

1. Lebih sehat - resiko alergi pemakai clodi adalah rendah, jarang sekali dijumpai pemakai clodi mengalami iritasi.

2. Lebih Bersih - kenapa kok lebih bersih? karena tidak ada sampah yang dibuang,bahan clodi adalah kain yang bisa dicuci, tidak ada lagi sampah yang menggunung berupa diaper sekali pakai yang sangat susah diuraikan oleh alam.

3. Lebih hemat - pernah berhitung berapa diaper yang dipakai dalam sehari? mari kita berasumsi, biasanya penggunaan diaper dalam sehari adalah 3-6 buah. Jika bayi lagi diare akan jauh lebih banyak pemakaiannya. Mari kita buat rata-rata saja,misal per hari dibutuhkan 4 diaper. Harga Diaper dipasaran rata-rata Rp.2.000,- mari kita hitung berapa uang yang kita belanjakan untuk memenuhi kebutuhan diaper dalam 1 tahun.
365 hari x 4 buah diaper x Rp.2.000 = Rp. 2.920.000,-

Jika untuk 2 tahun makan jumlahnya akan menjadi Rp. 5.840.000,-

Bahan clodi bisa tahan sampai 2 tahun maka dari itu kita hitung kebutuhan pemakaian diaper sekali pakai dalam 2 tahun. Sekarang coba kita bandingkan berapa rupiah yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan diaper dengan mensubstitusi dengan Clodi. Dalam sehari dibutuhkan 4 clodi, dan karena clodi agak lama keringnya kita harus punya persediaan clodi untuk 3 atau 4 hari kedepan. Anggap saja kita harus menyediakan clodi sampai 4 hari kedepan. Asumsi harga clodi rata-rata adalah Rp.55.000,- maka perhitungan pembelanjaan clodi adalah

4 clodi x 4 hari x Rp 55.000 = Rp. 880.000,-

Lebih hemat bukan?

Walau banyak yang beranggapan clodi itu mahal, saya tetap yakin bahwa Rp 880.000,- itu lebih murah dibanding Rp. 5.840.000,-
Banyak juga tanggapan bahwa Clodi itu susah mencucinya, sekali lagi anggapan ini adalah salah. Bahan clodi sangat mudah dibersihkan, cukup dikucek-kucek dan di cuci dengan sabun dan langsung bersih. Tidak percaya? butuh bukti? silakan coba praktekkan cara mencuci seperti yang kami utarakan diatas.

Sekarang tinggal kita sebagai orang tua mau pilih yang mana? mau lebih hemat, lebih sehat dan lebih bersih atau mau ambil pilihan yang lain.

dikutip dari tokoclodimurah[dot]com

0 comments: