Searching...
Friday, June 6, 2014

Tour de Singkarak 2014 - Berlomba dan Menjelajahi Keindahan Sumatera Barat

11:03 PM


presents...



Quote:TOUR DE SINGKARAK 2014
BERLOMBA DAN MENYELAMI KEINDAHAN SUMATERA BARAT


Quote:

Quote:TENTANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Provinsi Sumatera Barat terletak di pantai barat Pulau Sumatera, memiliki luas wilayah 42,130.82 km persegi. Fitur geografis meliputi dataran, dataran tinggi pegunungan vulkanik yang dibentuk oleh Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari barat daya ke tenggara, dan pulau-pulau di lepas pantai yang disebut Kepulauan Mentawai. Berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara di utara, Riau dan Jambi di timur, dan Bengkulu di tenggara.
Spoiler for Sumatera Barat:

Dengan Padang sebagai ibukota, provinsi ini memiliki akses penerbangan domestik yang sangat baik, dan beberapa rute internasional, dari dan ke Bandara Internasional Minangkabau. Dibutuhkan hanya 1,5 jam penerbangan dari Jakarta, 1 jam dari Kuala Lumpur dan kurang dari 50 menit penerbangan dari Singapura untuk mencapai Bandara Internasional Minangkabau.
Spoiler for Minangkabau Airport:

Provinsi ini sangat kaya dengan pemandangan alam yang menawan. Memiliki danau yang indah seperti Singkarak (130,1 km persegi), Maninjau (99,5 km persegi), Diatas (31,5 km persegi), Dibawah (14,0 km persegi), dan Talang (5,0 km persegi). Ditambah dengan gunung-gunung yang cantik seperti Marapi (2.891 m), Sagu (2.271 m), Singgalang (2.877 m), Talakmau (2.912 m), Talang (2.572 m), dan Tandikat (2.438 m). Serta sungai-sungai yang memikat, mulai dari Kuranji, Anai, Ombilin, Suliki, Agam, Sinamar, dan Arau, maka tidak heran jika banyak orang memuji Sumatera Barat sebagai sepotong surga di bumi.
Spoiler for Mount Singgalang:

Dikenal sebagai tanah Minangkabau, provinsi ini diberkati dengan harta karun budaya yang mengesankan. Kekayaan budaya Minangkabau terlihat dari keanggunan tari tradisional mereka, kostum tradisional yang eksotik, rumah-rumah tradisional yang megah, dan juga hidangan mereka yang lezat. Budaya Minangkabau terjaga dengan baik sampai sekarang, oleh orang-orang Sumatera Barat yang bangga dengan budaya mereka, dan setia kepada nenek moyang mereka.
Spoiler for Rumah Gadang:

Sumatera Barat juga terkenal sebagai heritage province, karena keberadaan kota-kota bersejarah seperti Sawahlunto, Padang, dan Bukittinggi. Kota-kota ini telah menjadi pusat peradaban sejak jaman penjajahan Portugis dan Belanda. Mereka berperan penting dalam perdagangan, pertambangan batubara dan semen, dan model pemerintahan daerah pada masa lalu. Bukittinggi bahkan pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia selama Perang Kemerdekaan. Sejarah panjang kota ini ditandai dengan banyaknya bangunan bersejarah, yang masih berfungsi untuk tujuan kontemporer.
Spoiler for Padang Cement:

Dengan keindahan pemandangan alam, budaya tradisional, dan bangunan bersejarah, Sumatera Barat jelas merupakan sebuah tujuan wisata unggulan di Indonesia. Setiap tahun mampu menarik pengunjung domestik dan luar negeri. Event internasional tahunan seperti Tour de Singkarak dan International Dragon Boat Festival juga berperan besar dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Sumatera Barat.
Spoiler for Int'l Dragon Boat Fest:


Quote:TENTANG TOUR DE SINGKARAK 2014

Tour de Singkarak merupakan event perlombaan sepeda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Sumatera Barat. Lomba ini dinamai berdasarkan Danau Singkarak, danau terbesar di Sumatera Barat dan juga salah satu tujuan wisata favorit di provinsi ini. Event ini diselenggarakan sebagai katalis untuk mempromosikan pariwisata di Sumatera Barat yang terkenal indah, dan juga untuk memperkuat kehadiran event pariwisata olahraga internasional di Indonesia. Pertama kali diadakan pada tahun 2009, saat ini telah menjadi bagian dari kalender resmi Union Cycliste Internationale (UCI) International Asia Tour.

Sebagai upaya untuk meningkatkan popularitas Tour de Singkarak di mata dunia, rute lomba diperpanjang dalam beberapa tahun terakhir. Dalam edisi perdana Tour de Singkarak 2009, hanya ada 4 tahap dan mencakup 462 km. Tapi tahun lalu, Tour de Singkarak 2013 memiliki 7 tahap, menempuh jarak total 1.057 km, dan melewati 17 kabupaten/kota yang indah dan kaya budaya di Sumatera Barat. Jumlah peserta pun terus meningkat. Tour de Singkarak 2013 diikuti oleh 15 tim internasional dan 6 tim nasional, yang terdiri dari pesepeda elite dari 27 negara. Fakta-fakta tersebut adalah bukti kuat bahwa Tour de Singkarak telah menjadi salah satu ajang balap sepeda bergengsi di Asia, bahkan dunia.
Spoiler for pics:

Spoiler for pics:

Spoiler for pics:

Spoiler for pics:

Spoiler for pics:

Spoiler for pics:

Spoiler for pics:


Quote:RUTE BALAPAN
Quote:07 Juni Etape 1 Padang Pariaman - Pariaman
Spoiler for etape 1:

Quote:08 Juni Etape 2 Pasaman - Pasaman Barat
Spoiler for etape 2:

Quote:09 Juni Etape 3 Limapuluh Kota - Tanah Datar
Spoiler for etape 3:

Quote:10 Juni Etape 4 Bukittinggi - Agam
Spoiler for etape 4:

Quote:11 Juni Etape 5 Payakumbuh - Kabupaten Solok
Spoiler for etape 5:

Quote:12 Juni Etape 6 Padang Panjang - Kota Solok
Spoiler for etape 6:

Quote:13 Juni Etape 7 Sijunjung - Dharmasraya
Spoiler for etape 7:

Quote:14 Juni Etape 8 Sawahlunto - Solok Selatan
Spoiler for etape 8:

Quote:15 Juni Etape 9 Pesisir Selatan - Padang
Spoiler for etape 9:



Quote:TIM PESERTA
Quote:1. AVANTI RACING TEAM (AUSTRALIA)

Quote:2. LBC MVP SPORTS CYCLING TEAM (PHILIPPINES)

Quote:3. OCBC SINGAPORE PRO CYCLING TEAM (SINGAPURA)

Quote:4. PISHGAMAN YAZD (IRAN)

Quote:5. SKYDIVE DUBAI PRO CYCLING TEAM (UAE)

Quote:6. TABRIZ PETROCHEMICAL TEAM (IRAN)

Quote:7. TEAM 7 ELEVEN ROADBIKE (PHILIPPINES)

Quote:8. TERENGGANU CYCLING TEAM (MALAYSIA)

Quote:9. MONGOLIAN CYCLING FEDERATION (MONGOLIA)

Quote:10. UZBEKISTAN CYCLING FEDERATION (UZBEKISTAN)

Quote:11. JAPAN CYCLING FEDERATION (JAPAN)

Quote:12. TEAM GUSTO (TAIWAN)

Quote:13. UNITED ARAB EMIRATES CYCLING FEDERATION (UAE)

Quote:14. TABRIZ SHAHRDARI RANKING (IRAN)

Quote:15. PEGASUS CONTINENTAL CYCLING TEAM (INDONESIA)

Quote:16. BINONG BARU CLUB PESSEL (INDONESIA)

Quote:17. CUSTOM CYCLING CLUB (INDONESIA)

Quote:18. BRBC-WSP MANAGEMENT (INDONESIA)

Quote:19. INDONESIA NATIONAL TEAM (INDONESIA)

Quote:20. MALAYSIAN NATIONAL CYCLING FEDERATION (MALAYSIA)



LANJUT KE BAWAH

0 comments: